Longsor Gedung Merusak SD Negeri Meat, Siswa Belajar Dirumah

Longsor Gedung Merusak SD Negeri Meat, Siswa Belajar Dirumah
Bagikan

METRORAKYAT.COM, TOBA – Akibat curah hujan yang tinggi, terjadi longsing disekitar SD Negeri 173531 Desa Meat Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba, Jumat (17/12/21). Akibatnya untuk sementara proses belajar mengajar dilakukan dirumah masing-masing.

Longsor yang terjadi memgakibatkan sebagian bangunan SD Meat tertimpa material. Sebagian tebing diatas bangunan SD tersebut rawan longsor susulan. Tampak terjadi retakan tanah di bibir tebing.

Kepala Sekolah SD Meat Rahman Siregar mengatakan sudah melaporkan kejadiannya ke Dinas Pendidikan Toba. Agar menjadi perhatian dan dapat segera diatasi oleh Pemkab Toba. Karena dinilai rawan longsor susulan. “Kalau bisa segera ditangani agar proses belajar mengajar kedepan dapat dilakukan secara kondusif”. Kata Rahman.

Ketua Komite Sekolah, Guntur Sianipar mengatakan mengucapkan terimakasih bahwa Pemkab Toba melalui Dinas PU dan BPBD langsung turun meninjau lokasi. Diharapkan setalah meninjau lokasi Pemkab Toba segera bertindak untuk memperbaiki kerusakan akibat longsor.

Melihat kondisi saat ini dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Kekhawatirannya adalah menjaga keselamatan anak-anak didik yang saat beraktivitas di sekolah. “Kita berharap Pak Bupati cepat tanggap dan merealisasikan perbaikan segera” kata Guntur.

Hadir dalam meninjau lokasi longsor tersebut Kepala Dinas PU Toba Sikkat Sitompul dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toba. Melihat dan mempertimbangan kondisi pasca longsor.

Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Tamlahan, Daulat Marbun menganjurkan ke pihak sekolah agar menjaga anak-anak didik untuk tidak bermain di sekitar longsor. Agar dilakukan sekat pembatas sehingga para siswa tidak melintas di bibir tebing yang longsor. “Jika memungkinkan setelah selesai ujian, biarlah sementara siswa belajar dari rumah,”kata Daulat.(MR/LM)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.