oleh

Tiga Guru Besar Motivasi Pemekaran Deli Serdang

METRORAKYAT.COM, DELITUA – Tiga Guru Besar memotivasi serta mengkritisi persiapan panitia pemekar Kabupaten Deli Serdang yang berkumpul di Jamburta Ras, Delitua Minggu (28/11/2021).

Ketiganya, Prof Budiman Ginting, SH, M.Hum, Prof Dr Ramli SE dan Prof Dr Effendi Barus MS menyatakan simpati dengan militansi panitia, namun diingatkan juga soal tinjauan akademis menjadi keniscayaan dalam rencana pemekaran tersebut.

“ UU No.32 tahun 2004 , UU No.23/2014 tentang pemerintahan daerah dan Peraturan pemerintah No.78/2007 tentang tata cara pembentukan, penghapusan dan penggabungan daerah harus diperhatikan,” ujar guru besar FH USU Prof Budiman Ginting, SH, M.Hum.

Demikian juga pernyataan yang disampaikan Prof Dr Ramli SE. Kajian mendalam terhadap 10 kecamatan yang menyatakan dukungannya mesti ditindaklanjuti dengan pendekatan intensif.

“ Kajian sektor ekonomi misalnya. Sebab, daerah yang mendukung pemekaran biasanya berpikir soal peningkatan ekonomi,” ujar Prof Dr Ramli SE yang mengaku bere Surbakti.

Sedangkan Prof Dr Effendi Barus MS mengingatkan soal komunikasi sesama panitia dan pendukung lainnya. “ Saya orang bahasa, jadi saya mengingatkan tentang komunikasi. Melalui komunikasi yang baik saya yakin semua berjalan dengan baik juga,” ujarnya.

Kepanitian pemekaran tersebut antara lain, Ketua Presedium Dana Barus SH, M.Kn, Sekretaris Wan Saiful Anwar, S.Sos, M.Si dan Sabar Bangun selaku ketua panitia kerja.

Kepanitiaan ini telah terbentuk tahun 2003 dan 2007 dan didukung 10 kecamatan Kabupaten Deli Serdang wilayah hulu. Saat itu pemekaran bersamaan dengan Serdang Bedagai. Rapat dihadiri perwakilan masyarakat diakhiri makan bersama. (MR/JB)

 

Breaking News