oleh

Pemkab Samosir, Gelar Pelatihan Silacak

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Samosir menggelar kegiatan pelatihan Sistem Informasi Pelacakan (Silacak) untuk wilayah Kecamatan Sianjur Mula-mula.

Kegiatan yang digelar bertempat di aula Dinkes, Senin (29/11/2021) Pangururan.

Pelatihan tersebut di bawah bimbingang dari Rijal Boy Canra Sinaga, SKM, Welehana Sitanggang dari Dinkes Samosir dan dihadiri Trecer Babinsa, Bhabinkantibmas, Bidan/Nakes seluruh kecamatan Sianjur Mula-mula yang berjumlah 51 orang.

Baca Juga:  Tutup Pelatihan PBK BLK Konsel, Wabup Rasyid Motivasi Generasi Muda Keluar Dari Zona Nyaman

Rijal Boy Canra Sinaga mengatakan, bahwa tracing atau pelacakan merupakan bagian dari upaya 3T (Testing dan Treatment), yang dilakukan Pemkab Samosir bagian penanganan Covid-19.

Dalam hal ini yang menjadi Tracer yaitu Babinsa dan Babinkantibmas, dan petugas Surveilans Puskesmas sebagai petugas pengolah data.

Dengan adanya Tracer lanjut dia, akan memudahkan petugas puskesmas untuk memantau orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi dalam melakukan pelacakan.

Baca Juga:  Pemkab Samosir Terima Paket RDTR OSS

Selain itu, kegiatan tersebut sangat penting untuk mengidentifikasi waktu juga tempat dari orang-orang yang berkontak dengan penderita Cobid-19, yang kemudian filanjutkan menginformasikan orang-orang yang mungkin terpapar virus, dan mengisolasi orang-orang yang terjangkit Covid-19 untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

“Namun perlu diketahui yang akan dilakukan test tidak hanya yang terkonfirmasi namun juga yang memiliki riwayat kontak erat,” tegasnya.

Sementara, Babinsa Koramil 04/HB Serda Lamtor Siburian menambahkan, hal yang sangat penting menjadi point pembahasan dalam pelatihan ini adalah bagaimana membangun kerja sama dan koordinasi antara tim puskesmas dengan Tracer untuk penguatan 3T sehingga kasus konfirmasi sedini mungkin agar dapat ditindaklanjuti untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 serta pengentrian data pada Aplikasi Silacak dapat dilaksanakan dengan maksimal.

Baca Juga:  Pjs Bupati Samosir, Keluarkan Edaran Terkait Perjalanan ke Samosir

“Pastinya, TNI senantiasa menegaskan untuk dapat mempertahankan protokol kesehatan (prokes) dalam menjaga penyebaran Covid-19,” tukasnya. (MR/156)

Breaking News