Bupati Samosir, Sambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Bupati Samosir, Sambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Bupati Samosir bersama Forkopimda menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno dalam kunjungan kerja di Desa Wisata Huta Tinggi Kec. Pangururan, Selasa (9/11/2021), Samosir.

Kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno dalam rangka meninjau Desa Wisata serta menandatangani prasasti sekaligus memberikan piagam penghargaan Desa Wisata terbaik yang masuk dalam 50 besar se-Indonesia.

Wisata Desa Huta Tinggi terpilih sebagai 50 Desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dengan tema “Indonesia Bangkit” sudah dinilai oleh Tim Kurator dan Tim Dewan Juri ADWI 2021.

Selain itu, Desa Wisata Huta Tinggi juga mendapatkan reward berupa bantuan akses internet selama 1 (satu) tahun serta Program Pendampingan Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) CHSE berkaitan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Menparekraf Sandiaga menyampaikan, bahwa Desa Wisata Huta Tinggi memeliki potensi yang lengkap, mulai dari wisata alam, Danau super vulkano eruption merupakan bagian dari
letusan gunung berapi purba, wisata berbasis ecotourism pariwisata yang berwawasan lingkungan.

Maksudnya, melalui aktifitas yang berkaitan alam, wisatawan diajak melihat dari dekat, menikmati keaslian dan lingkungannya sehingga membuat tergugah wisatawan untuk mencintai alam, wisata berkelanjutan lingkungan merupakan salah satu persyaratan pariwisata yang berkualitas.

Kemudian, Menparekfraf menyebutkan akan membawa G20 ke kawasan danau toba jika ada acara pertemuan, semoga Samosir dapat menjadi tuan rumah pada acara tersebut. Desa Wisata bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat dengan berbasis alam dan budaya, selain dari wisata alam dan budaya menparekraf juga memberikan dua ekor kerbau guna mendukung wisata edukasi memerah susu kerbau untuk dijadikan olahan makanan khas Samosir.

Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kunjungan dan bantuan yang telah diberikan, semoga bantuan tersebut dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan nilai ekonomi, “dengan kunjungan menparekraf ke Samosir khususnya di Desa Huta Tinggi diharapkan dapat meningkatkan gairah wisata” ujar Bupati.

Lanjut Bupati, sebagai salah satu kawasan strategis wisata super prioritas memohon bantuan dan dukungan dari kementerian pariwisata mendukung pengembangan Desa Wisata yang berskala nasional dan international. “dunia saat dilanda covid-19 ekonomi semakin terjepit, tapi tidak usah bersedih bersama bapak menparekraf samosir pasti akan semakin bangkit” tutup Bupati.

Selesai acara, Bupati Samosir menyerahkan plakat sebagai bentuk ucapan terimakasih dan menyampaikan Proposal bantuan guna mendukung perkembangan wisata di Samosir. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.