Bupati Kendal Dico, Ingatkan Warga Buang Sampah Pada Tempatnya

Bupati Kendal Dico, Ingatkan Warga Buang Sampah Pada Tempatnya
Bagikan

METRORAKYAT.COM, KENDAL  – Perlunya kerja sama yang baik antara Pemerintah Daerah serta Pemerintah Desa mengingatkan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya,

Pada musim hujan banjir tak bisa terelakkan ,faktor sampah berserakan menyumbat laju air saat Curah hujan tinggi, juga minimnya kesadaran masyarakat membuang sampah ditempatnya dan sungai kerap dijadikan tempat sampah.

“Kita sentil lagi dengan poster-poster unik ini yang merupakan inisiasi dan ide dari jurnalis Kendal. Imbauan unik ini untuk menyentil mereka yang membuang sampah sembarangan, dan saya harapkan tidak hanya dimusim hujan saja tetapi disetiap saat,”jelas bupati Kendal Dico M Ganinduto saat melakukan aksi Jurnal Peduli sungai depan Pasar Gladag Kaliwungu Selasa 16 november 2021.

Bupati mengatakan, penanganan sampah ini merupakan kerja bersama dari hulu hingga hilir dan semua harus berpartisipasi. Sampah menjadi tanggungjawab semuanya, bupati mengimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan apalagi di sungai.

“Gerakan kepedulian seperti ini jangan berhenti sampai disini saja tetapi bisa dikampanyekan di seluruh wilayah Kabupaten Kendal yang berpotensi membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Harapannya dengan poster-poster unik ini kesadaran masyarakat bisa terbentuk dan tidak terjadi banjir lagi. Dengan demikian cita-cita Kendal jadi pusat pariwisata bisa terwujud dengan tidak ada lagi sampah dimana-mana.

Sementara Ketua Jurnal, Slamet Priyatin mengatakan aksi ini merupakan bentuk kepedulian jurnalis Kendal yang sudah disibukan dengan pekerjaan rutin sehari-hari. “Kebetulan musimnya pas hujan banyak wilayah di Kendal yang banjir akibat pola masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Kepedulian dan aksi sosial yang dilakukan Jurnal dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Kendal dan Dinas Lingkungan Hidup dengan memberikan imbauan dalam bentuk poster unik dan menyentil, agar tidak membuang sampah sembarangan.
“Dengan poster unik dan menyentil ini harapannya masyarakat yang membuang sampah sembarangan jadi malu sendiri,” pungkasnya.

Secara terpisah Ketua Paguyuban Kepala Desa Cepiring, Ahmad Riyadi, senada apa yang disampaikan Bupati Dico M Ganinduto, diperlukan kesadaran warga buang sampah pada tempatnya,

Lanjut riyadi, Awalnya banyak warga membuang sampah sembarangan, namun kini sudah berbeda, masyarakat sejak kami berikan edukasi,sudah mulai nampak kesadaran warga,

“Pemerintah Desa Karangayu sudah melakukan inovasi dan pemberdayaan pengumpulan sampah untuk membuang pada tempatnya, disetiap tingkat RT/RW,

Pentingnya Sinergitas pemdes sama Linmas untuk mengkoordinir, agar bisa manfaatkan limbah sampah yang bisa di olah,selain itu juga mengurai resiko banjir disaat musim hujan, imbuhnya.

Selain itu, Pihaknya juga buat Tempat Pembuangan sampah sementara (TPS) di Desanya.

“Jika tidak bisa olah maka kami langsung bawa ke TPS Di Pagergunung,” pungkasnya.(mr//siva zou)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.