BI – TNI AL Ekspedisi Cinta Rupiah Kepulauan Nias 2021

BI – TNI AL Ekspedisi Cinta Rupiah Kepulauan Nias 2021
Bagikan

METRORAKYAT.COM, NIAS SELATAN – Bank Indonesia (BI) bekerja sama dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan Kas Keliling Kepulauan 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal), yaitu Ekspedisi Cinta Rupiah Kepulauan Nias 2021 menggunakan KRI Bontang 907 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Jerry Henry Manuhutu M. Tr. Hanla.

Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, SH ,MH. dari Pelabuhan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Jumat, (5/11/2021), melakukan pemukulan gong sebagai tanda pelepasan menuju Pulau Tello, Pulau Tanah Masa dan Pulau Hibala.

Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo mengatakan  kerjasama antara Bank Indonesia dengan Markas Besar TNI AL untuk melaksanakan kegiatan kas keliling 3T.

“Kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan sejak tahun 2011 dan sempat terhenti di tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 dan dilanjutkan kembali tahun ini,” Katanya menjelaskan.

Saat ini menggunakan kapal yang lebih besar yakni KRI Bontang-907, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang ukurannya lebih kecil karena keadaan geografis Kepulauan Nias yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

“Berdasarkan hal itu maka kita melakukan koordinasi dengan Mabes AL karena kalau menggunakan kapal yang lebih kecil akan membahayakan maka ditunjuklah KRI Bontang-907 ini,” ujar Danlanal.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah melaksanakan kegiatan kas keliling 3T ini khususnya di Kepulauan Nias karena Kepulauan Nias merupakan salah satu pulau terluar yang ada di kepulauan Indonesia.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, Soekawardojo mengatakan kegiatan ini adalah acara pelepasan kas keliling kepulauan 3T dan pemberian PSBI kepada beberapa komunitas yang ada.

Soekawardojo juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas bantuan dari seluruh pihak yang terlibat pada kegiatan kas keliling pada wilayah 3T, Mabes TNI AL yang telah mau bekerjasama serta pihak perbankan dari Gunung Sitoli dan Teluk Dalam.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Soekawardojo, Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH., MH., Kepala Kejaksaan Negeri Nias Selatan Mukharom, mewakili Polres Nias Selatan, Koramil 12/Teluk Dalam Mayor Inf. Hatianus Zega, Kepala OPD Kabupaten Nias Selatan, Sanggar Budaya Desa Bawomataluo serta pimpinan perbankan yang ada di Kepulauan Nias.(MR/JSS)

Admin Metro Rakyat News