BI Sumut Perkuat Kemandirian Ekonomi Hortikultura

BI Sumut Perkuat Kemandirian Ekonomi Hortikultura
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi guna memperkuat kemandirian ekonomi pertanian.

Kerjasama tersebut dalam bentuk pembinaan melalui Pesantren Dairi Jalan Runding, Keluruhan Sidiangkat, Sidikalang Dairi dengan melakukan satu pengembangan yang memiliki potensi untuk keberhasilan produk
budidaya tananaman hortikultura.

Ditambahkan dia, dengan melakukan pembinaan, maka masyarakat Dairi terkhusus pesantren dapat mampu memenuhi kebutuhan sayur mayur untuk konsumsi.
Selain itu, dapat dijual di pasar guna meningkatkan income
bagi pesantren.

“Berharap proses yang terjadi A to Z, ketika dipanen untuk konsumsi mana saja. Bahkan nanti marketingnya. Dukungan kerjasama dengan ritel-ritel komersial. Ada kemandirian yang bermanfaat tidak hanya bagi santri tetapi masyarakat luas,” ucap Ibrahim, Rabu (3/11/2021), dalam kick off and capacity building pemberdayaan ekonomi Pesantren Dairi binaan KPw BI Sumut.

Lanjut dia, program budidaya hortikultura juga sebagai bentuk mata rantai ekonomi yang saling mendukung berdasarkan potensi masing-masing, sehingga membentuk Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebritren).

Sementata Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan harapannya agar KPw BI terus bersinergi dengan Pemkab Dairi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar mampu mengelola potensi yang ada secara maksimal.

“Kami berharap BI akan terus ada dan mendukung semua program Kabupaten Dairi yang berkaitan dengan masyarakat. Berharap penambahan kapasitas, karena keterbatasan pengalaman dan pengetahuan,” harapnya.

Di sisi lain, pengurus Yayasan Pesantren Dairi, Irwan Antoni Gajah, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada KPw BI dan berharap agar setelah pembinaan budidaya hidroponik ini, mereka juga dibantu mendapat akses dalam pemasaran hasil panen sayur mereka,”katanya mengakhiri. (MR/156)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.