Wakil Ketua DPRD Samosir, Sampaikan Aspirasi ke BWSS Sumut II Terkait Banjir Bandang

Wakil Ketua DPRD Samosir, Sampaikan Aspirasi ke BWSS Sumut II Terkait Banjir Bandang
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas Marroha Sinaga di dampingi Komisi III menyampaikan aspirasi ke Balai Wilayah Sungai Sumatera II di Medan.

“Hal ini dilakukan guna meminta penjelasan terkait penanganab ancaman banjir bandang yang pernah terjadi di Desa Buntu Mauli, Kecamatan Sitiotio. Wakil ketua DPRD lewat
Komisi III merespon serta konsultasi ke BWSS II,” ucap Pantas Marroha Sinaga, Selasa (14/9/2021).

Lanjut Pantas M Sinaga, pihaknya menyuarakan penanganan khusus dari BWSS II terkait kondisi sungai di Desa Buntu Mauli yang seringkali banjir bandang.

Menurutnya, apabila sungai tidak segera ditangani dengan serius maka ketika hujan datang dapat merusak rumah-rumah maupun persawahan warga.

“Kita tidak ingin banjir bandang tahun 2019 lalu terulang dengan memakan korban nyawa dan harta benda. Untuk itu, kami berharap perhatian BWSS II menormalisasi sungai tersebut,” urainnya.

Dijelaskan dia, salah satu penyebab banjir di Desa Buntu Mauli umumnya adalah akibat pendangkalan sungai. Sehingga saat hujan deras sungai meluap hingga menyebabkan pemukiman dan sawah banjir serta dititupi material yang terbawa luapan sungai.

Pantas Marroha berharap BWSS II menyediakan dua alat beratnya di Samosir yang bisa di pakai seketika waktu melakukan normalisasi sungai. Tentu hal ini bukan berlebihan, demi kenyamanan masyarakat Samosir.

“Terlebih saat ini musim penghujan, masyarakat khususnya di Kecamatan Sitiotio was-was dan banyak yang mengungsi karena trauma banjir bandang yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” pungkas dia lagi.

Berharap agar ke depan, BWSS II memberikan perhatian besar ke Samosir. Pasalnya, tiap tahun daerah ini tidak pernah luput dari bencana, apalagi banjir bandang.

“Oleh karena itu, bukan hanya pembangunan sementara, harapan kami pemeliharaan yang rutin dalam arti normalisasi sungai tiap tahunnya, itu yang sebenarnya kami harapkan,” imbuhnya.

Menanggapi aspirasi tersebut, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Maman Noprayamin ST MT menyambut baik usulan-usulan dari DPRD
Samosir dan akan diakomodir serta dimasukkan dalam program yang akan diusulkan ke Kementerian PUPR.

“Dalam menyambut kunjungan kerja DPRD Samosir itu, Kepala BWSS II turut didampingi Kepala Seksi Pelaksanaan Ir Herbet Sihite dan sejumlah pegawai,” tutupnya. (MR/156)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.