oleh

Ingatkan Secara Humanis Patuhi PPKM, TNI-Polri Kendal Berikan Sembako Untuk Pedagang

METRORAKYAT.COM, KENDAL – Jum’at (23/7/2021) malam, jajaran Polres Kendal, Kodim 0715 Kendal, Satpol PP dan Dishub Kendal melaksanakan patrol humanis untuk mengedukasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kendal agar mematuhi anjuran pemerintah di masa PPKM darurat level 4 ini. Dengan pendekatan yang baik, pedagang diminta untuk mematuhi jam operasional dan mematuhi protokol kesehatan. Dalam patroli malam hari ini, petugas memborong dagangan milik PKL dan memintanya untuk menutup dagangannya.

Patroli humanis yang dilakukan Polres Kendal dan Kodim 0715 Kendal ini menyusuri kawasan pasar sore Kaliwungu Kendal. Meski sudah malam hari dan jam operasional yang dianjurkan pemerintah saat PPKM darurat level 4 harus tutup masih banyak PKL yang menggelar dagangannya.

Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto dan Dandim 0715 Kendal Letkol Iman Widhiarto secara persusif meminta pedagang untuk segera menutup lapaknya. Dengan pendekatan humanis ini, pedagang diberi arahan dan pengertian untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah dalam rangka menekan angka penyebaran covid-19.

Melihat banyak pedagang yang masih berjualan karena barang dagangannya masih banyak kapolres dan dandim seketika itu memborong semua makanan yang tersisa. Menurut pedagang terpaksa berjualan hingga malam, karena sepi pembeli dan dagangannya masih banyak. Meski demikian pedagang ini mengakui anjuran pemerintah memintanya untuk menutup jam operasional hingga pukul 21.00 WIB.

“Saat ini masih sepi jadi terpaksa jualan sampai malam. Sudah tahu kalau jualan tidak boleh makan ditempat dan hanya boleh dibungkus atau dibawa pulang,” kata Kartinah PKL didepan Masjid Al Muttaqin Kaliwungu.

Makanan yang diborong kapolres dan dandim ini kemudian dibagikan kepada warga dengan tetap mengedukasi agar tidak berkerumun serta membatasi mobilitas diluar rumah.

Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto mengatakan patroli humanis ini dilakukan di lokasi yang strategis di wilayah kabupaten Kendal. “Patroli ini sebagai bentuk bahwa negara hadir membantu masyarakat dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Serta menimbau kepada masyarakat untuk tetap bersabar menghadapi pandemi dantidak mudah terprovokasi dengan isu yang tidak benar,” jelas kapolres.

Dalam patroli malam kali ini selain melakukan aksi borong makanan dari PKL tim gabungan juga membagikan sembako kepada pedagang dan masyarakat. (MR/Siva Zou)

Breaking News