oleh

TNI Ajarkan Warga Berkebun di Perbatasan RI-PNG

METRORAKYAT.COM, KALI ASIN –  Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonif 131/Brs Pos Kali Asin dibawah pimpinan Letda Inf Daniel mengajarkan cara berkebun berbagai macam jenis sayuran guna memanfaatkan lahan kosong yang berada disekitar Pos perbatasan RI-PNG, dan lahan perumahan masyarakat Kampung Kibay Distrik Arso Timur Kab. Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M.Tr (Han) dalam keterangan tertulisnya di Skouw Distrik Muara Tami, Jayapura (30/06/2021).

Dalam keterangannya Danpos Kali Asin mengatakan, masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG masih belum maksimal dalam memanfaatkan lahan kosong yang mereka miliki karena keterbatasan pengetahuannya tentang cara berkebun. Oleh karena itu kami yang berada di pos mencoba mengajak dan mengajarkan kepada masyarakat Kp. Kibay Kaliasin, untuk berkebun guna memanfaatkan lahan mereka.

“Kebun percontohan yang kami buat di sekitar pos sudah dikenal masyarakat dengan sebutan kebun Braja Sakti. Kebun ini sekaligus menjadi tempat pelatihan berkebun warga Kp. Kibay Kaliasin. Kami memberikan contoh dan pendampingan kepada masyarakat bagaimana cara berkebun sayur-sayuran seperti kacang panjang, terong, tomat dan ketimun.
Saat ini kebun percontohan kami sudah membuahkan hasil dan dapat dipanen. Hasil kebun ini kami nikmati bersama-sama dengan masyarakat sekitar Kp. Kibay.
Mereka boleh mengambil kebutuhan sayur mereka di kebun ini. Dengan dirasakannya manfaat dari kebun ini oleh mereka, kami berharap masyarakat dapat semakin semangat dalam mengolah lahan pekarangan mereka masing-masing menjadi kebun-kebun sayur yang produktif”, ujar Danpos.

“Kami sangat senang dan berterima kasih sekali diberikan pengetahuan cara berkebun dari anggota pos Kali Asin, semoga hasil kebun kami juga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan”, ungkap Numbun (34), istri kepala kampung Kibay.(MR/red)

Breaking News