oleh

RPJMD Tanjungbalai Tahun 2021-2026 Sangat Mempengaruhi Arah Pembangunan Jangka Panjang

METRORAKYAT.COM, TANJUNG BALAI – Plt Walikota Tanjungbalai hadiri dan pembukaan Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026.

Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tanjungbalai Tahun 2021-2026, yang bertempat di Aula Sutrisno Hadi, kantor Walikota Tanjungbalai Rabu, (30/6/2021).

RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah jangka menengah, serta penjabaran visi, misi, dan program kepala daerah terpilih, memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat Daerah disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif.

Plt Walikota Tanjungbalai, H. Waris mengatakan, Musrenbang RPJMD ini diselenggarakan demi mencapai Visi Misi Walikota dan Wakil Walikota Tanjungbalai sehingga perlu dilakukan penyesuaian pembangunan jangka menengah 2021-2026 Tanjungbalai menjadi Kota yang berprestasi, religius, sejahtera, indah dan harmonis (Bersih).

“Acara musrenbang ini untuk mengakomodasi kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan perencanaan daerah yang lebih aspiratif dan transparan serta dapat pula dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Plt Walikota memaparkan, rancangan awal RPJMD yang berisi sasaran, program prioritas, arah kebijakan, tahapan pembangunan, dan indikator kinerja dengan data yang terukur dan relevan kepada para OPD dan undangan yang hadir.

Dikatakannya, Misi yang ingin kita wujudkan bersama antara lain, melalui RPJMD Tanjungbalai Tahun 2021-2026 menjadi penentu dan akan sangat mempengaruhi pencapaian arah pembangunan jangka panjang untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang berkualitas dan masyarakat Kota Tanjungbalai yang maju, mandiri dan madani melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif yang didukung SDM berkualitas, berdaya saing serta berbudaya dan religius.

“Maka dengan ini lanjutnya, dengan demikian, para peserta Musrebang RPJMD diharapkan bisa merumuskan arah kebijakan pembangunan lima tahun kedepan sesuai visi dan misi Pemerintah Kota,” jelasnya H.Waris Thalib.

Diakhir sambutan, Plt Walikota Tanjungbalai berharap kepada seluruh yang hadir untuk berpartisipasi aktif demi kesempurnaan RPJMD Kota Tanjungbalai Tahun 2021-2026.

“Kami mohon dukungan semua pihak, agar Musrenbang ini nantinya menghasilkan dokumen yang berkualitas dan mampu menjawab kebutuhan dan tantangan pembangunan daerah,” harapnya.

Dukungan DPRD Kota Tanjungbalai juga diperlukan dalam proses penyusunan sampai penetapan Peraturan Daerah tentang RPJMD sehingga target penetapan setelah enam bulan sejak pelantikan sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan dapat dipenuhi dan juga dukungan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara yang mana nantinya RPJMD Kota Tanjungbalai sendiri akan diselaraskan dengan RPJMD Provsu dan RPJMN, pungkas Plt Walikota H.Waris Thalib

Acara diawali dengan sambutan direktur perencanaan, evaluasi dan Informasi pembangunan daerah direktorat jenderal bina bangda Kemendagri, Nyoto S.

Turut hadir dalam kesempatan ini Ketua DPRD Tengku Eswin dan Anggota DPRD Kota Tanjungbalai, Forkopimda Kota Tanjungbalai, Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, dan Pemberdayaan Masyarakat Kaiman Turnip, Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai Yusmada, Staf Ahli Pemko Tanjungbalai, dan Para Asisten, Kepala OPD, Para Camat, Para Pimpinan Instansi Vertikal, Para Akademisi, Para Pimpinan BUMN dan BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta Insan Pers.(mr/Ade)