oleh

Pak Bupati Deli Serdang Tolong Kami..! Puluhan Rumah di Desa Amplas Kecamatan Percut Sei Tuan Rusak Parah Diterjang Angin Puting Beliung

SHARE
215 views

METRORAKYAT.COM, DELISERDANG – Pasca diterjang hujan deras disertai angin kencang (badai-red), Rabu (07/04/2021) siang menjelang sore, puluhan rumah di Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara hancur.

Pantauan Metrorakyat.com saat mengunjungi beberapa rumah warga yang terdampak angin puting beliung, terlihat sangat memprihatinkan. Bukan hanya kehilangan harta benda saja, namun warga juga ada yang mengalami luka akibat tertimpah atap bangunan.

Salah satunya ada di Jalan Pasar I (satu) Tambak Rejo, sebuah rumah warga tampak tak beratap lagi dan barang-barang seisi rumah raib terbawa kencangnya angin yang menerjang. Hal tersebut dikatakan oleh seorang warga, Yati (50 tahun) yang menyaksikan kejadian mengerihkan itu.

“Tadi saat kejadian, anginnya datang tiba-tiba dan sangat kencang sekali. Didalamnya ada orangnya dan meraka sedang tidur didalam kamar saat hujan sedang deras-derasnya. Itu atap rumahnya terbang, disusul barang-barang didalam rumahnya juga terbang, yang parahnya lagi, itu tembok rumahnya bisa jebol seperti dihantam alat berat,” jelasnya.

Setelah mendapatkan info dari masyarakat sekitar, awak media pun lanjut melakukan pemantauan. Masih di sekitaran Desa Amplas, rumah rusak ringan hingga parah juga ada di Jalan Satria Timur, Jalan Satria Barat, Gang Sakura 5 dan beberapa tempat lainnya.

Saat berada di Gang Sakura 5, seorang warga mengaku ketakutan saat peristiwa angin kencang itu berlangsung. Pasalnya, Dewi (30 tahun) yang sedang ada didalam rumah segera bergegas menyelamatkan orangtuanya yang sempat mengalami luka dibagian kepala akibat kejatuhan benda-benda dari atap rumahnya yang juga hilang terbawa angin kencang.

“Awalnya hujan deras tapi hujannya nggak reda-reda sejak pukul 12.30 WIB tadi siang hingga sore. Tadi kami masih ngumpul didalam rumah. Saat kami lihat keluar rumah, itu langitnya sangat gelap tapi dibagian lain langitnya terang. Nggak lama kemudian, angin kencang datang tiba-tiba, mutar-mutar gitu. Karena tahu atap rumah kami udah terbang terbawa angin, saya dan orang seisi rumah lari keluar. Saya juga coba selamatkan bapak mertua saya yang sudah bersimbah darah karena kepalanya terkena batu yang melayang terbawa angin,” jelasnya.

Terpisah dari itu, beberpa warga juga minta agar pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara untuk segera memperhatikan nasib mereka dan memberikan bantuan berupa sembako maupun perbaikan rumah agar mereka dapat kembali menempati rumahnya yang saat ini hancur karena musibah angin puting beliung.

“Pak Bupati Deli Serdang, tolong kami. Kmai nggak tahun lagi mau berbuat apa,” ucap warga bersahut-sahutan.

Hingga berita ini diterbitkan, masyarakat yang tertimpah musibah belum mendapatkan tempat untuk mengungsi sementara. Dalam Kejadian ini, warga mengalami kerugian yang ditaksir belasan hingga puluhan juta akibat harta benda raib dibawa angin. (MR/Siti)

Breaking News