DPRD Sumut Akan Tuntaskan Masalah Antara Inti Dan Plasma Di Tabagsel Tahun 2021

SHARE
108 views

METRORAKYAT.COM, SUMUT – Guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat di daerah Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel), plasma-plasma rakyat sangat perlu dikembalikan saat ini.

Ada sekitar 18 perusahaan perkebunan besar yang menguasai tanah rakyat saat ini di daerah tersebut. Dan dari perusahaan itu, tidak semua yang memenuhi hak-hak rakyat sebagai plasma disana.

Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi B DPRD Sumut, Fahrizal Efendi Nasution, saat ditemui di ruang kerjanya, Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Jumat (27/11/2020).

Diungkap oleh mantan anggota DPRD Madina itu, tanah perkebunan disana, hanya sebagian kecil yang masih dikuasai rakyat.

“Dalam kerjasama pola inti dan plasma, tidak semua perusahaan yang ada disana memberikan hak-hak rakyat sesuai dengan MoU yang telah dibuat dengan plasma,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam UU Omnibus Law, ada diatur pola kerjasama antara inti dan plasma dimana inti wajib memberikan bagian 20 persen dari luas perkebunan kepada plasma untuk dikelola. Namun perusahaan sebagai inti acapkali mengabaikan hak-hak rakyat sekitar sebagai plasma.
Penderitaan rakyat akan berlarut-larut bila kepala daerah disana tidak segera bertindak, imbuhnya.

Selain mendesak pemerintah setempat untuk memulihkan hak-hak rakyat atas tanah-tanah perkebunan itu, disebutkan politisi Partai Hanura tersebut, Komisi B akan menjadwalkan RDP pada awal tahun 2021 nanti dengan seluruh koorporasi atau perusahaan-perusahaan itu guna memberikan preasure agar mereka memenuhi kewajibannya kepada rakyat.

“Apalagi sudah disahkannya omnibus law, maka diharapkan kepada pemerintah untuk segera membuat peraturan turunannya. Tujuannya, supaya persoalan-persoalan tanah perkebunan rakyat yang selama ini mengendap, dapat diselesaikan kembali,” pungkas anggota dewan dari daerah pemilihan Sumut VII meliputi wilayah Tabagsel tersebut. (MR/Sipa Munthe)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif