Upacara Peringatan HDKD 2020, Lapas Siborongborong Layanan Publik Digital Menuju Indonesia Maju

SHARE
84 views

METRORAKYAT.COM, TAPUT – Lembaga pemasyatakatan (lapas) Klas IIB Siborongborong menggelar Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020 yang bertempat di Aula Lapas SIborongborong. Selasa (27/10/2020).

Kegiatan ini pun dilaksanakan secara serempak oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia unit pusat maupun di wilayah seluruh nusantara dengan terhubung secara virtual satu dengan yang lainnya melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting atau melalui Live Streaming Youtube.

Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020 diikuti oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Siborongborong M.Pithra Jaya Saragih, Amd.IP, SH, MH serta seluruh pejabat dan pegawai Lapas Siborongborong.

Upacara yang bertemakan “Pelayanan Publik Digital Menuju Indonesia Maju” ini diawali dengan laporan sejarah lahirnya bangsa Indonesia dan Kementerian Hukum dan HAM R.I. yang dibawakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Menteri Hukum dan HAM R.I Yasonna H. Laoly mengamanatkan, “Kementerian Hukum dan HAM R.I harus bisa menghadapi tantangan itu dengan transformasi dan revolusi. Revolusi digital, jaman ini semakin lama semakin berkembang. Kemajuan teknologi manusia begitu cepat, fenomena Revolusi Industri ini menciptakan Internet of Things, Rekayasa Genetika, Artificial of Inteligence, 5G. Dengan kemajuan ini kita bisa menghadapi pandemi Covid-19. Kita harus siap menerapkan digitalisasi di setiap unit. Negara Indonesia bersaing diantara yang tercepat, bekerja bisa dimana saja dan kapan saja. Kementerian Hukum dan HAM R.I.harus bisa bekerja cepat dengan memanfaatkan secara maksimal teknologi informasi.” pungkasnya.

Dalam rangka memperingatan HDKD Tahun 2020 Lapas Siborongborong melakukan Perlombaan Lasibor Cup Playstation 4 Football serta Ludo antar petugas dan juga Warga Binaan Pemasyarakatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Oktober 2020, kemudian dilaksanakan bakti sosial Ke Mesjid Taqwa, HKBP Kota Siborongborong dan UPT Pelayanan Sosial Anak dan Lanjut Usia Siborongborong pada hari senin, 26 Oktober 2020. Dalam bakti sosial ini, Pihak Lapas Siborongborong menyerahkan bantuan berupa alat kebersihan, sabun cair dan masker, yang mana masker ini merupakan hasil karya warga binaan di Lapas Siborongborong.

Seusai upacara selesai dilanjutkan dengan pemberian hadiah yang langsung diserahkan oleh Kalapas dan Pembagian Masker serta Vitamin C dalam upaya pencegahan Covid 19. Kegiatan pun dilanjutkan dengan tasyakuran HDKD 2020 dan Launching aplikasi E-Visa dan SIP KUMHAM. (MR/LS)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif