DPRD Samosir Kunjungi Dinas Kependudukan, Catatan Sipil Dairi

SHARE
60 views

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – DPRD Komisi 1 melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kab Dairi.

Rombongan DPRD Samosir diterima Kepala Dinas (Kadis) Deddy Situmorang, SE.M.Si di ruang rapat Dinas Dukcapil Dairi, Kamis (22/10/2020).

Kedatangan DPRD Samosir untuk melakukan konsultasi dan koordinasi dalam hal pelayanan percepatan Administrasi Kependudukan di Dairi.
Dikesempatan itu ikut Wakil Ketua DPRD Nasip Simbolon, Saurtua Silalahi, Ketua Komisi 1, Polten Simbolon, SE, MM Drg. Magdalena Nurainy Sitinjak, MM, Renaldi Naibaho. Romauli Panggabean, SE, Noni Sulvia Situmorang, S.Pd, Nurmerita Sitorus, S.Sos didampingi Staf Sekretariat DPRD Samosir.

Nasip Simbolon menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi secara khusus ke Dinas Dukcapil untuk berkoordinasi dan konsultasi sebagai upaya pemerintah untuk percepatan Pelayanan Administrasi Kependudukan ke masyarakat Dairi.
“Kunjungan Dinas Dukcapil tersebut untuk melakukan konsultasi serta koordinasi sebagai percepatan pelayanan Administrasi Kependudukan. Bagaimana upaya Dinas Dukcapil Dairi melakukan pelayanan Administrasi Kependudukan,” pinta Wakil Ketua DPRD Samosir.

Sedangkan Saurtua Silalahi, ST, Ketua Komisi 1 DPRD menyampaikan hal sama “Banyak persoalan yang terjadi untuk pengurusan Administrasi Kependudukan, seperti nomer KK ganda, sulitnya proses perpindahan penduduk dan lainnya. Apa upaya dan strategi Dinas Dukcapil untuk mengatasinya,” tanya Saurtua.

Deddy Situmorang, SE.,M.Si memberikan penjelasannya yakni gambaran umum Dinas Dukcapil Dairi, jumlah personil, tugas dan fungsi, gambaran umum Dairi, luas wilayah, jumlah penduduk serta visi dan misi sesuai tugas dan fungsi Dinas Dukcapil.

“Dalam upaya mewujudkan Visi-misi “Dairi Unggul yang menyejahterakan Masyarakat, Harmoni Keberagaman”, khususnya misi ke – 5, meningkatkan kualitas infrastruktur daerah dan pelayanan administrasi publik yang transparan dan akuntabel dengan memanfaatkan teknologi informasi, Dinas  Dukcapil hadir dalam memberikan pelayanan publik khususnya untuk administrasi kependudukan di Dairi”, terang Deddy.

Sambung Kadis Dukcapil, permasalahan umum Dukcapil diseluruh daerah belum tercapai penerbitan dokumen administrasi kependudukan, kurangnya kesadaran masyarakat dalam pengurusan dan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan, adanya diskriminasi yang disetiap pelayanan, sertaal adanya pengutipan biaya pengurusan administrasi kependudukan, ketidaktepatan waktu pelayanan ditetapkan, kurang keterbukaan proses penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan, terbatasnya peralatan dan perlengkapan dalam mendukung proses pelayanan.

Deddy juga mengatakan bahwa dirinya baru dilantik pada tanggal 4 September 2020 yang lalu dan sesuai Instruksi Bupati Dairi, DR. Eddy Keleng Ate Berutu harus menetapkan dan menjalankan Agenda Program dan Kegiatan 100 (seratus) Hari kerja yang diharapkan dapat dirasakan langsung oleh Masyarakat Dairi. 

“Dengan menetapkan 3 Program dan 8 Kegiatan dalam 100 Hari kerja setelah dilantik menjadi Kadis Dukcapil Dairi, antara lain Program Digitalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan, Program Program Pelayanan Jemput Bola (Jempol) Adminduk dan Program Pelayanan Adminduk di Dinas Dukcapil dan Kecamatan”, ungkapnya

Lanjutnya lagi Deddy Situmorang menjelaskan upaya yang dilakukan Dinas Dukcapil mengurai banyak permasalahan dalam Administrasi Kependudukan di Dairi yaitu menyediakan ruang konsultasi atau ruang konseling atau helpdesk, sehingga semua permasalahan Adminduk dapat terlaksana dengan baik dan cepat. 

“Bila urusan formal dengan persyaratan lengkap dapat dilayani melalui layanan yang umum Front Office (FO) sedangkan bila ada kendala, FO sudah disiapkan ruangan secara khusus. (MR/JB Rumapea)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif