oleh

Terkait Beasiswa 1.675 Siswa, DPRD Samosir Pertanyakan Anggarannya

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Terkait penyaluran Beasiswa 1.675 siswa di Samosir, emoat Fraksi di DPRD Samosir mempertanyakan anggaran yang digunakan. Rapat Paripurna DPRD bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, membahas Ranperda P-APBD 2020, Selasa (29/9/2020).

Dimana Pemkab klaim, bantuan sosial pendidikan berprestasi 1.675 siswa serta mahasiswa se-Samosir belum ada ditransfer.

Demikian disampaikan Kepala Bappeda Rudi AP Siahaan, saat dengar pendapat akhir 4 Fraksi DPRD atas Ranperda P-APBD 2020.

“Terkait penyaluran pendidikan berprestasi Rp1,765 miliar belum ada disalurkan, hal itu menjawab pertanyaan 4 Fraksi di DPRD,” paparnya

Bupati Samosir non aktif (cuti kampanye) Rapidin Simbolon, menyerahkan beberapa waktu lalu di pelataran Hotel Dainang Pangururan merupakan piagam penghargaan siswa berprestasi calon penerima bantuan beasiswa.

Anggaran beasiswa berprestasi belum ada ditransfer menunggu anggaran disetujui.
APBD Pemkab Samosir ucapnya menjelaskan, hanya mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar.

Akan tetapi di masa Covid-19, anak sekolah dan Mahasiswa belajar sistem daring dari rumah, banyak anak mahasiswa berprestasi IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) diatas 3.00, telah terdaftar penerima beasiswa, sehingga alokasi Rp 1 miliar tidak cukup, sehingga perlu tambahan anggaran yang kemungkinan dutampung P-APBD 2020,” harapnya.

Rudi AP Siahaan, mengatakan supaya ditanyakan langsung siswa dan Mahasiswa penerima, karena ada juga anak didik berprestasi anak anggota DPRD Samosir, tuturnya.

Sebelumnya Empat Fraksi DPRD Samosir menyampaikan belum dapat menyetujui rancangan P-APBD 2020, di akhir rapat paripurna.
Empat Fraksi belum menyetujui yakni Nasdem, Golkar, PKB dan Gabungan (Hanura, Demokrat dan Gerindra).

Lewat wakil Ketua Fraksi Nasdem, Pantas Marroha Sinaga menyinggung terkait pengumpulan siswa dan mahasiswa bersama orang tua siswa untuk pemberian bantuan 1.675 orang.

Lanjut Pantas mempertanyakan pelaksaaan penyerahan bantuan pendidikan Rp 1,7 miliar lebih. Yang mana Rp 700 juta ditampung P-APBD.

“Untuk penyerahannya secara simbolik sudah dilaksanakan tanggal 21 September 2020 lalu. Akan tetapi penyerahannya terkesan berkaitan Pilkada 2020,” sebut Pantas Marroha Sinaga.
Hal sama disampaikan 3 Fraksi lainnya belum menyetujui yakni Fraksi Gabungan (Hanura, Demokrat dan Gerindra) dibacakan Russel Baringin Sihotang, PKB Noni Situmorang dan Golkar Parluhutan Sinaga, dan sudah diserahkan secara simbolis. (MR/JB Rumapea)

Breaking News