Kab Samosir, Menunggu Swab Test Massal

SHARE
57 views

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Gugus Tugas Penanganan Percepatan (GTPP) Covid-19 Samosir tetap menunggu tindak lanjut Swab Test Massal GTPP Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Sumatera (Pemprovsu) ke Samosir dengan kuota 100 orang dalam lima hari sesuai rencana.

Rencana Swab Test massal perlu memetakan persebaran infeksi Covid-19 di Sumatera secara umum dan secara khusus di Samosir, sebut Kadis Kominfo Rohani Bakara SPd, MM lewat WA diterima metrorakyat.com, Rabu (30/9/2020).

“Pemerintah menargetkan 30.000 Swab Test per
hari untuk mengetahui peta persebaran infeksi Covid-19″, sebutnya.

GTPP Covid-19 berharap ketersediaan Swab Test dapat diadakan di Samosir.

“Namun demikian, keterbatasan anggaran tidak memungkinkan menyediakan. Secara berjenjang, Provsu sudah masuk ke daftar prioritas penerima Swab Test secara nasional yang tinggi kasus infeksi Covid-19 secara nasional”, terang Rohani.

Target penyediaan Swab Test dapat ditingkatkan di atas 30.000 per hari agar peta persebaran infeksi Covid-19 secara nasional diperluas sampai ke pemerintah Provinsi dengan Kabupaten/Kota.

Swab Test Massal diharapkan kepastian peta persebaran di setiap kabupaten/kota dapat digambarkan serta dilanjutkan antisipasi tracing, treatment sekaligus mitigasi untuk disiapkan di lapangan.

Pada dasarnya, perlu antisipasi asymptomatic menjadi carrier menginfeksi orang yang berinteraksi tanpa mengindahkan protokol kesehatan. Orang rentan dengan imunitas rendah perlu proteksi jika terinfeksi, harga harus dibayar cukup mahal. Untuk itu disiplin 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, dan menjaga jarak interaksi bagi seluruh masyarakat untuk mencegah potensi penularan kehidupan sehari-hari terutama di saat kerumunan.

Ada beberapa hal yang perlu disikapi setiap hari hari yakni optimalisasi pelaksanaan Prokes.

“Mari tekankan intensif kepada keluarga untuk menghidupi prokes sebagai kebutuhan bukan sebagai beban. Kedua, perhelatan Pilkada akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020. Mari bantu penyelenggara Pilkada dengan mematuhi rambu-rambu pelaksanaan sampai hari pelaksanaannya. Utamakan keselamatan masyarakat dengan konsisten melakukan aturan-aturan yang ditetapkan penyelenggara Pilkada. Ketiga, perlu mensiasati perayaan hari besar keagamaan bulan Desember 2020 sampai Januari 2021. Tindakan antisipatif perlu kita tekankan secara berulang-ulang terutama pentingnya protokol kesehatan.
Data Covid-19 Samosir

Suspek Nihil, konfirmasi satu orang, sembuh satu orang, meninggal satu. (MR/ JB Rumapea)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif