oleh

Kab Samosir, Tetap Nihil Covid-19 dan Bersiap Menuju New Normal

SHARE
169 views

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Menurut informasi Dinas Infokom Kab Samosir, bahwa hingga Selasa (9/6/2020), jumlah orang terinfeksi Covid-19 masih nihil. Demikian disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Samosir Rohani Bakara SPd, MM kepada metrorakyat.com, Selasa (9/6/2020).

“Keadaan terkini pencegahan dan penanganan Covid-19 adalah sebagai berikut: (a) Orang Dalam Pemantauan (ODP) = 0 orang, dan (b) Pasien Dalam Pengawasan (PDP) = 0 orang. Dengan kata lain, Samosir nihil infeksi dan masih tetap berada dalam Zona Hijau,” tegas Bakara.

Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari upaya-upaya yang telah dilakukan Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Samosir secara konsisten di lapangan setiap harinya.

“Dalam doa, kita tetap memohon agar Samosir aman dari Covid-19, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat Samosir melakukan protokol kesehatan serta perilaku hidup sehat dan bersih sehari-hari,” pungkas dia.

Sambil mengikuti perkembangan penyebaran Covid-19 secara nasional dan lokal, Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Samosir sedang melakukan kajian untuk persiapan normal baru. Yaitu masyarakat tetap beraktivitas untuk produktivitas dan tetap aman dari Covid-19.

“Sejatinya, kita sedang menghadapi ujian cara hidup baru. Yaitu di tengah-tengah kita ada Covid-19 yang bisa dicegah dengan hidup berdisiplin melakukan protokol kesehatan. Sehingga kita dapat berkegiatan untuk memulihkan perekonomian kita,” sebut Rohani.

Lanjut Rohani, Covid-19 telah banyak menggerus berbagai sendi-sendi kehidupan, yang mengharuskan penerapan kebijakan normal baru. “Kendati sulit, ini adalah pilihan yang harus kita lakukan. Kita harus hidup dan beraktivitas untuk produktivitas di tengah-tengah potensi penularan Covid-19,” imbuhnya.

Selama Covid-19, kata dia, pemerintah tetap hadir di tengah masyarakat untuk mencegah, menanganinya, dan mengantisipasi dampak pengiringnya. “Oleh karena itu, kita tetap berterima kasih kepada pemerintah yang tetap melindungi Rakyat Indonesia sebagai tindak nyata amanah konstitusi,” tegasnya.

Rohani mengajak semua pihak tetap berdoa untuk Pemkab Samosir didukung TNI/Polri, Kejaksaan, DPRD Samosir dan elemen masyarakat agar dapat mempersiapkan tatanan normal baru yang akan diterapkan dalam waktu dekat.

“Kita berharap agar Samosir tetap Zona Hijau meskipun diterapkan normal baru. Itu harapan kita bersama. Karenanya tetaplah kita bersatu padu dalam kesatuan hati untuk melaksanakan seluruh rambu-rambu yang telah ditetapkan pemerintah selama pandemi ini. Semoga masyarakat Samosir tetap produktif dan aman dari Covid-19 selama masa pandemi,” ucap Rohani mengakhiri. (MR/JB Rumapea).

Breaking News