Dukung Ketahanan Pangan,Bupati Launching Kampung Berdikari Menuju New Normal

Dukung Ketahanan Pangan,Bupati Launching Kampung Berdikari Menuju New Normal
SHARE

METRORAKYAT.COM, BINTUNI – Bupati Teluk Bintuni,Ir.Petrus Kasihiw.MT Launching kampung berdikari Banjar Ausoy menuju fase baru(new normal), Sabtu. (27/6/2020).

Kepala Dinas Pertanian Teluk Bintuni, Syaiful.A.Kilian kepada BM usai kegiatan launching mengatakan, tahun 2020 pihaknya berusaha dan bergandengan tangan dan Dinas Pertanian akan membantu para petani berupa fasilitas dan sarana produksi.

“Kita akan benahi sistem penyuluhan, dimana kata Syaifil Kilian,sistem penyuluhan akan dibuat gerakan pemandu strategi pertanian.Jadi, secara pengetahuan dan keterampilan, Dinas akan mendampingi dengan sistem penyuluhan ini. Sehingga kami berharap,kerjasama dengan para petani berjalan baik ,dan kelompok kelompok tani ini betul betul kedepan bisa berkembang,”harap Syaiful Kilian.

Sementara, Kusni salah satu petani kepada BM berharap, apa yang menjadi keinginan atau aspirasi dari para petani tadi bisa dijawab oleh pemerintah daerah.

“Setelah aspirasi ini kami sampaikan kepada bapak Bupati, bisa direalisasikan agar para petani semakin semangat.Dan kalau bisa hasil para petani dibeli oleh pemda,”harap Kusni.

Sedangkan Bupati menjelaskan, panen raya ini dilaksanakan di atas luas sawah 22 hektar. Ini juga merupakan Launching penetapan kampung berdikari yang tujuanya untuk mendukung putusan pemerintah pusat terkait new normal.

“Dalam pelaksanaan new normal, kita semua harus hati hati dan belum ada kebijakan untuk mempermudah arus keluar dan masuk orang di Bintuni,semuanya masih dalam tahap pemantauan, baik di posko pelabuhan,darat dan bandara,”kata Bupati

Lanjut Bupati, dengan adanya Covid-19 ini, kita mulai sadar dan tidak bisa berharap orang lain terutama dalam menyiapkan sumber sumber pangan local.Maka, dengan panen raya di Banjar Ausoy hari ini, merupakan komitmen bersama mendengar suara dari masyarakat petani.

Tadi, menurut para petani mereka siap bertani sehingga pemerintah menyambut itu dengan baik.Masih ada APBD Perubahan dan pemerintah akan melakukan refocusing anggaran terkait sumber pangan local.

Ditambahkan Bupati, saat kegiatan tadi, ada masukan masukan dari para petani seperti saluran saluran irigasi, pengamanan areal pertanian, pupuk dan obat obatan, maka pemda akan memberikan dan memperhatikan aspirasi dari para petani tersebut

Untuk itu, saya sudah perintahkan Kepala Dinas Pertanian agar segera dibangun gudang pupuk dan melakukan perbaikan dalam rangka manajemen pupuk. Bila perlu pemda juga memesan tidak hanya menunggu dari masyarakat,”kata Bupati (mr/Azrul)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif