Akibat Covid-19, Pemkab Samosir Bantu Petani

Akibat Covid-19, Pemkab Samosir Bantu Petani
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir lewat Kepala Dinas (Kadis) Ketapang Rawati Simbolon, SPd, MM memberikan bantuan kepada petani berupa pupuk dan bibit sayur di setiap Kecamatan Kab Samosir.

Untuk desa Tanjung Bunga, diserahkan bagian umum (Bagum) Peronika Sitanggang berupa pupuk dan bibit sayuran kepada warga, Senin (9/6/2020).

Penyerahan bantuan tersebut akibat penyebaran wabah Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Dimana saat ini Pemkab secara bertahap memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19.

“Dimana Pemerintah pusat dan Pemkab terus berjuang mengatasi dampak ekonomi terutama bagi kaum petani, buruh dengan memberikan bantuan berupa pupuk, bibit sayur, beras, bibit jagung dan lainya”, cetus dia.

Selain menyalurkan bantuan sembako, lanjut Peronika, BST (Bantuan Sosial Tunai) dari Kemensos (Kementerian Sosial), Bantuan Langsung Tunai dan Dana Desa (BLT DD) serta APBD maupun Jaringan Pengaman Sosial (JPS) Provsu (Provinsi Sumatera Utara).

Sementara Kadis Ketapang Rawati Simbolon menerangkan, saat melaunching Selasa kemarindi Aula Kantor Kepala Desa (Kades) Hutanamora, bantuan ini akan diserahkan kepada 6.000 KK yang mencakup 9 kecamatan, 128 desa, 6 kelurahan.

Untuk Desa Tanjung Bunga, misalnya, pembagian dilakukan pada Selasa (9/6/2020) dengan menyerahkan bantuan berupa: kompos, pupuk NPK, pupuk urea, polybag, bibit sayuran sawi manis, bibit sayuran bayam, dan bibit sayuran kangkung, tegasnya.

“Bantuan bibit sayuran ada sebanyak 42 karung untuk salurkan di tiga dusun, setiap dusun mendapatkan 14 karung,” sambung Kades Tanjung Bunga, Lasper Bartolomeus Sitanggang saat penyerahan bantuan tersebut di kantor desa setempat.

Disebutkan Lasper Bartolomeus Sitanggang penyerahkan bantuan pupuk dari pemkab Samosir kepada warganya sebagai tanaman ketahanan pangan untuk di tanam di areal rumah.

Atas bantuan tersebut, Lasper menyampaikan terima kasih atas program pemberian bibit sayuran dan sarana produksi, serta mengajak warga untuk mendukung program Pemkab Samosir agar berhasil guna.

“Mari kita bekerja keras agar hidup lebih baik dan maju dengan melakukan program Pemkab Samosir untuk mensejahterakan masyarakat,” pungkas Lasper

Ditambahkan Peronika, tujuan pemberian bantuan bibit ini agar masyarakat mempunyai sumber pangan yang berkelanjutan. Namun, berharap masyarakat bisa menggarap sektor pertanian dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan atau pekarangan kosong yang dimiliki.

“Lahan yang selama ini tidak dimanfaatkan bisa digunakan untuk ketahanan dan ketersedian pangan bagi keluarga dan lingkungan sekitar. Sehingga kemampuan dan kekuatan pangan masih tercukupi di saat pandemi”, kata Peronika mengakhiri.(mr/JB Rumapea).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.