oleh

SMAN Sianjur Mula – Mula 9 Orang Lulus Jalur Undangan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – SMA Negeri Sianjur Mula – mula (SMANSA) Kab Samosir, berhasil meloloskan 9 siswa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur undangan. Dari jumlah siswa keseluruhan sebanyak 182 siswa yang terdiri dari jurusan IPA dan IPS. Untuk IPA 97 dan IPS 85 siswa.
Hal ini di sampaikan Kepala SMANSA, Formen Gultom SPd, yang kirim melalui selulernya ke metrorakyat.com, Senin (20/05)

Dikatakanya, dari 182 siswa kelas 12 tersebut yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 dengan kapasitas IPA 97 orang dan IPS 85 orang seluruhnya lulus.

Lanjut Formen, sebagai kepala sekolah dirinya sangat bangga dan merasa puas atas keberhasilan siswa lulus 100 persen. Dengan harapan kepada siswa agar tetap menjaga nama baik sekolah dimana pun berada nantinya.

Katanya lagi, jumlah siswa lulus ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebanyak 9 orang. “Kita berharap kelulusan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur undangan dapat bertambah di tahun akan datang.

Siswa yang lulus ke PTN tersebut adalah siswa terbaik berdasarkan hasil seleksi, yaitu Auriel Sitanggang (IPA) ke Univ Udayana Jurusan Agrotehnologi, Elsaria Limbong (IPA) ke Univ Tadulako jurusan Ilmu Kehutanan, Sriladepa Limbong (IPA) ke Univ Sriwijaya jurusan Ilmu Hukum, Pitta Uli Situmorang (IPA) ke Unimed jurusan Pendidikan Biologi, Riris R.E Marbun (IPS) ke Univ Palangkaraya jurusan Ilmu Hukum, Tresia Anggraini Malau (IPS) ke Unimed jurusan Pend Sastra (Bahasa Daerah) dan Auriel Sitanggang (IPS) ke Univ Pelita Harapan (UPH) jurusan Pendidikan, Yosafat Marido Turnip ke UPH jurusan Pendidikan, Reynaldi Silalahi ke UPH jurusan Keperawatan.

“Untuk ini kami himbau kepada siswa kiranya lebih memfokuskan diri belajar jangan lebih banyak bermain di luar atau mengikuti anak – anak muda yang tidak ada artinya. Peran serta orang tua di rumah juga supaya memberikan dorongan lebih bergiat belajar,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, bagi siswa yang melanjut ke pendidikan lebih tinggi swasta supaya mengutamakan mata kuliah dan menjaga nama baik sekolah, begitu juga siswa yang mencari pekerjaan. Sementara salah seorang siswa yang lulus ke PTN Pitta Uli Situmorang, mengatakan sangat berterima kasih kepada kepala sekolah serta guru maupun pegawai SMANSA Sianjur Mula – mula yang telah bersusah paya mendidik kami.

“Kami akan tetap menjaga nama baik sekolah di saat kuliah maupun sesudah tamat. Kami juga berharap doa dari jajaran guru pegawai agar cita – cita tercapai. Hal senada juga di sampaikan mewakili orang tua mereka marga Situmorang, kepada anak – anak kami kiranya belajar lebih bergiat lagi di kala duduk di bangku kuliah. Doa kan juga orang tua kalian di kampung semoga panjang umur dan murah rezeki. Ini lah harapan orang supaya pembiayaan untuk pendidikan lancar,” ungkapnya mengakhiri. (MR/JB Rumapea)

Breaking News