oleh

8 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

SHARE
1.061 views


METRORAKYAT.COM, MEDAN – Nama Latin dari minyak zaitun adalah Virgin Olive Oil. Minyak Zaitun ini merupakan tanaman dari mediterania yang mengandung senyawa penting untuk kesehatan tubuh. Senyawa penting itu adalah vitamin E, K, dan zat besi serta omega 3,6,9.

Minyak zaitun ini sangat baik untuk kesehatan. Berbagai manfaatnya dapat kita lihat sebagai berikut:

1. Melancarkan Peredaran Darah

Melancarkan Peredaran Darah via biologiedukasi.com

Minyak zaitun sangat kaya akan kandungan lemak omega 3,6,9, sehingga dapat memperbaiki fungsi endotel dalam pembuluh darah yang membuat aliran darah lebih lancar. Minyak zaitun ini bisa digunakan untuk bahan makanan sehingga kualitas makanan dapat lebih baik.

2. Mencegah Kanker Kulit dan Kanker Payudara

Mencegah Kanker Kulit dan Kanker Payudara via jpnncom

Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan anti inflamasi yang tinggi. Kandungan phenolix dan vitamin E dalam minyak zaitun ini dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit kanker kulit dan kanker payudara.

Baca Juga: Pentingnya Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Untuk mencegah kanker kulit, minyak zaitun sangat baik digunakan pada kulit karena melindungi kulit dari efek sinar matahari berbahaya seperti jenis UVA dan UVB. Minyak zaitun yang dipakai secara rutin dapat mencegah penyakit kanker kulit. Minyak zaitun banyak juga dipakai wanita untuk proses kecantikan kulit yang membuat kulit halus dan merona indah bersinar.

Minyak zaitun ini dapat melawan perkembangan tumor yang nantinya akan menjadi cikal bakal kanker payudara. Minyak zaitun ini kaya akan senyawa asam oleat, lemak tak jenuh, dan beberapa senyawa bioaktif yaitu antioksidan untuk pencegahan kanker payudara.

3. Mengontrol Kolesterol Jahat

Mengontrol Kolesterol Jahat via kolestro.com

Minyak zaitun dapat dipakai dalam proses pengolahan makanan. Dalam arti minyak zaitun ini dipakai atau dicampur dalam makanan. Minyak zaitun dalam makanan ini membantu dan mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh kita, karena kolesterol dalam darah teroksidasi berkat zat antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah Penyakit Jantung via lifestyle.kompas.com

Antioksidan yang tinggi dalam minyak zaitun sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Sehingga kolesterol dalam darah teroksidasi yang dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Minyak zaitun mеmiliki antiоksidаn yаng tinggi untuk mеmbаntu dan mеncеgаh kоlеstеrоl dаlаm dаrаh tеrоksidаsi sеhinggа dараt mеlindungi, mеncеgаh, dаn mеngurаngi risikо реnyаkit jаntung.

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Menstabilkan Tekanan Darah via merdeka.com

Dengan memakai minyak zaitun secara rutin, tekanan darah dapat lebih stabil sehingga tekanan darah yang awalnya tinggi dapat menjadi normal kembali. Minyak zaitun ini mengandung lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi menjadi tekanan darahnya menjadi normal.

6. Mencegah Osteoporosis

Menakjubkan, Ini 9 Manfaat Minyak Zaitun Selain untuk Kecantikan

Mencegah Osteoporosis via progressivespineandsports.com

Semakin bertambahnya usia pada manusia. Kondisi tulang kita semakin rapuh dan tidak kuat seperti dulu lagi. Dalam penelitian diluar negeri dibuat satu kondisi tikus seperti menopause wanita. Penelitan itu membuat 2 hipotesa yaitu 1 kelompok tikus yang rutin diberikan minuman minyak zaitun dan satu lagi, 1 kelompok tikus yang tidak diberikan minuman minyak zaitun. Dari hasil penelitian tersebut bahwa tikus yang tidak diberikan minuman minyak zaitun mengalami penurunan kadar kalsium yang signifikan dan peningkatan kаdаr АLР (Alkaline Phospatase), kadar MDА (Malondialdehyde), dаn kadar NO3 (Nitrаt) yаng signifikаn juga.

7. Mengobati Peradangan Kulit

Menakjubkan, Ini 9 Manfaat Minyak Zaitun Selain untuk Kecantikan

Mengobati Peradangan Kulit via askdrshah.com

Zat anti inflamasi dapat kita temui pada minyak zaitun. Zat ini dapat mengobati peradangan kulit seperti gatal pada kulit, kulit terbakar sinar matahari. Minyak zaitun ini dapat dioles pada kulit yang bermasalah, yang nantinya dapat mengobati peradangan pada kulit.

8. Mengatasi Stres dan Depresi

Mengatasi Stres dan Depresi via kaskus.co.id

Dalam penelitian di Universitas Navarra, makanan yang terdapat minyak zaitunnya dapat mengatasi dan mengurangi penyakit stres dan depresi. Minyak zaitun sangat baik bila dicampur dengan makanan sehat seperti makanan sereal gandum, sayuran, tomat, dan minyak ikan yang mengandung omega 3,6,9. Sehingga hasilnya dapat lebih maksimal dalam pengobatan penyakit stres dan depresi. Stres adalah gangguan mental yang dihadapai seseorang akibat adanya tekanan. Sedangkan depresi adalah suatu kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang.

Nah itulah dia beberapa manfaat dari minyak zaitun yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Anda dapat mencobanya untuk pencegahan dan pengobatan tubuh yang berguna bagi kesehatan anda. (MR/Ezri)

Breaking News