Deklarasi Internet Sosial Media Sehat, Ajak Masyarakat Kota Medan Hindari Berita Hoax

Deklarasi Internet Sosial Media Sehat, Ajak Masyarakat Kota Medan Hindari Berita Hoax
Bagikan

METRORAKYAT.COM | MEDAN – Para penggiat sosial media yang ada di kota Medan mengadakan acara yang bertemakan Deklarasi Internet Sosial Media Sehat. Acara yang diorganisir oleh ‘Sahabat Polisi Medan’ ini dilaksanakan di sekitaran Lapangan Merdeka dijalan Bukit Barisan, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (25/3/18) sekitar pukul 07.00 WIB.

Deklarasi ini diadakan untuk mengajak seluruh masyarakat yang merupakan penggiat sosial media untuk memerangi berita hoax yang selama ini banyak menjamur luas di jejaring sosial media di Indonesia.

Pada acara, turut hadir Walikota Medan (Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M. S.),  Wakil Walikota Medan (Ir.Akhyar Nasution), Kepala Dinas Kominfo kota medan (Zain Noval M.AP), Ketua Panwaslu Kota Medan (Henry Simon Sitinjak SH), Kapolrestabes Medan (Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH, SIK, MSI) beserta Kapolsek diwilayah Polrestabes Medan, Ketua KPU kota Medan (Herdensi Adnin MSP), Penggiat Sosial Media Medan (Ade Ardianta Harahap S.Sos) juga masyarakat kota Medan.

Pada awal acara, dibuka dengan melepaskan spanduk ‘Anti Hoax’ yang diterbangkan menggunakan drone.

Saat acara berlangsung, seorang narasumber dari penggiat sosial media kota Medan, Ade Ardianta Harahap mengatakan maraknya kasus berita hoaks yang beredar luas di media sosial, membuat pengguna media sosial perlahan akan pergi meninggalkan media sosial.

“Tentang maraknya penyalahgunaan media sosial yang dapat merugikan oleh penggiat sosial Media, dan dengan adanya deklarasi ini ada harapan besar yang dapat menekan isu berita-berita hoax yang dapat meresahkan masyarakat,” ucap Ade Ade Ardianta.

Mengenai maraknya berita hoax, Wakil Walikota Medan juga memberikan tanggapan dan juga sangat mengapresiasi dengan dilakukannya deklarasi ini.

“Saya sangat mengapresiasi adanya kegiatan deklarasi ini, karena merupakan sosialisai tentang adanya berita yang tidak benar agar tidak di beritakan yang artinya, hentikan berita hoax demi kenyamanan kota dan warga Medan agar jangan mau disusupi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, karena Medan Rumah Kita,” ujar Wakil Walikota.

Selanjutnya, Kapolrestabes Medan juga mengingatkan dan mengajak masyarakat agar tidak terpengaruh adanya berita hoax menjelang Pemilukada yang dapat menyebarkan kebencian dikalangan masyarakat.

“Kepada masyarakat dikota Medan agar tidak memberitakan berita hoax, karena sangat merugikan seluruh pihak. Saat ini Polri beserta Pemerintah sudah membentuk undang-undang atau peraturan yang melarang adanya penyebaran berita hoax. Pilkada yang merupakan pesta demokrasi ini adalah pesta  bersama tanpa tekanan dan tidak ada menimbulkan kebencian. Untuk masyarakat, jangan terpengaruh dengan berita boax. Acara deklarasi ini adalah acara yang pertama kalinya yang diadakan di Indonesia dan ini merupakan kebanggaan untuk kota Medan,” jelas Kombes Pol Dadang Hartanto. (MR/SITI)

 

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.