Walikota Binjai Dukung Tol Listrik 35.000 MW

Walikota Binjai Dukung Tol Listrik 35.000 MW
Bagikan

MetroRakyat.com  I  BINJAI  — Walikota Binjai  HM Idaham  SH MSi  menyatakan akan mendukung  program membangun tol listrik  35.000 MW untuk Indonesia yang dicanangkan pemerintah Jokowi-JK. Dikatakannya Pemko Binjai mendapat berkah pembangunan yang  dilaksanakan pemerintah Pusat, yaitu tol Medan Binjai dan reaktifasi rel kereta api Binjai- Besitang. Sebagai dampaknya Kota Binjai akan membutuhkan suplai listrik yang besar.

“ Daya saing kota Binjai akan semakin meningkat dan untuk mewujudkan Binjai sebagai smart city maka energi listrik adalah hal utama yang paling dibutuhkan,” kata Idaham  pada acara kunjungan Tim roadshow dalam rangka program membangun tol listrik menuju Sumut Terang, di Gardu Induk Kota Binjai Jl. M.T. Haryono, Lingkungan III Kel. Jati Karya Kec. Binjai Utara,  Rabu (1/6) sore.

Menurut Idaham, kita juga tidak dapat bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)  jika tidak didukung suplai listrik. Terkait masalah yang berhubungan dengan pembangunan gardu induk  tol Listrik Sumut di Binjai, Idaham akan mengundang seluruh stakeholder baik dari PT PLN, FKPD, dan masyarakat untuk duduk bersama, memetakan letak sebab musababnya dan mencari solusi bersama.

Kunjungan tim  roadshow membangun tol listrik  35. 000 MW  menuju Sumut Terang di Binjai dihadiri  Walikota Binjai HM Idaham, Dandim 0203/ Langkat diwakili kasdim Mayor Inf Supriyono, Kajari Binjai Wilmar Ambarita.

Sedangkan dari unsur Forkopimda Provinsi Sumut yang tergabung dalam Tim Roadshow antara lain, Staf Ahli Pangdam I/BB bidang Sosbud Kolonel Inf Suryo Suprapto, Dirpam Obvit Poldasu Kombes Pol Heri Subiansauri, Asisten I Pemerintahan Setdapropsu Hasiholan Silaen,  Asdatun Kejatisu  I Made Astiti, SH.

GM UIP II PT PLN Julian Sitanggang menyampaikan terima kasih kepada Walikota Binjai, karena dari 4 lokasi acara, baru Walikota Binjai selaku Kepala Daerah yang menghadiri acara.

Kata Julian, Program 35.000 MW yang merupakan salah satu Nawacita Jokowi-JK, mendapat atensi khusus dari Presiden, yang ditandai dengan kunjungan langsung beliau ke kantor pusat PT PLN di penghujung tahun 2015. Asisten Pemerintahan Setdapropsu Hasiholan Silaen mengatakan dukungan terhadap pembangunan transmisi listrik di Sumut dalam program 35.000 MW mutlak diperlukan  karena saat ini Sumut dalam kondisi krisis listrik.

 Terkait masih adanya warga yang belum mendukung , diminta kepada PT PLN agar melakukan sosialisasi bersama pemda, TNI, Polri  kejaksaan  dan tokoh masyarakat untuk memberikan sosialisasi   tentang transmisi listrik dan hak-hak warga. (Red/Humas).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.