TIM PENGAWAS DAN EVALUASI MABES TNI AD TINJAU TMMD KE 96 WILAYAH KODIM 0204/DELI SERDANG

TIM PENGAWAS DAN EVALUASI MABES TNI AD TINJAU TMMD KE 96 WILAYAH KODIM 0204/DELI SERDANG

MetroRakyat.com | DELI SERDANG  Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Mabes TNI-AD dipimpin oleh Mayjen TNI Turmanhaban Rajagukguk kunjungan kerja ke Kodim 0204/DS, Senin (16/5/2016).

Mayjen TNI Turmanhaban Rajagukguk didampingi Kolonel Inf Nefra Firdaus, Aster Kodam I/BB Kolonel Inf Mahmud serta Kasrem 022/PT Letkol Inf Edi Hartono disambut oleh Bupati Serdang bedagai H Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya beserta Dandim 0204/DS Letkol Inf Hanryan Indrawira di Aula Serbaguna Kodim 0204/DS Lubuk Pakam.

Ketua Tim Wasev Mayjen Turmanhaban Rajagukguk menyampaikan maksud kunjungan dalam rangka pengawasan dan evaluasi program TMMD yang telah berjalan. Program TMMD ini telah ada sejak tahun 1980, dahulu bernama ABRI Masuk Desa (AMD). Program TMMD bertujuan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah guna meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri serta meningkatkan kesadaran bela negara ditengah-tengah masyarakat.

Program yang memakai metode bottom up (dari bawah ke atas) saat ini hanya dibatasi untuk 6 daerah saja di wilayah teritorial Kodam I/BB, dan Kabupaten Sergai termasuk di dalamnya. Sasaran fisik dan non fisik didalam program TMMD ini agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dan bagaimana dengan adanya TMMD ini kita meningkatkan kesadaran bela negara kedalam jiwa masyarakat di NKRI ini.

Saya berharap TMMD ini bermanfat untuk meningkatkan SDM agar taraf hidup masyarakat dapat meningkat serta Kemanunggalan TNI dan masyarakat semakin erat, jelas Mayjen TNI Turmanhaban.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0204/DS Letkol Inf Hanryan Indrawira menyampaikan paparannya antara lain sasaran TMMD tahun ini adalah pada sasaran fisik berupa pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 1.400 m x 5,5 meter di Desa Tarean Kecamatan Silinda.

Disamping itu juga sasaran non fisik yakni penyuluhan bela negara dan cinta tanah air, penyuluhan narkoba, kamtibmas, pertanian, lingkungan hidup, KB dan kesehatan, olah raga dan kesenian yang melibatkan 250 orang dari unsur TNI, Polri, jajaran Pemkab Sergai dan masyarakat mulai 3 April s/d 1 Juni 2016.

Usai sambutan dan pemaparan di aula Serbaguna Kodim 0204/DS, acara dilanjutkan dengan peninjauan Program TMMD ke-96 Tahun 2016 Wilayah Kodim 0204/DS yang dipusatkan di Desa Tarean Kecamatan Silinda Kabupaten Sergai.

Untuk peninjauan pertama adalah peninjauan pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 1.400 m x 5,5 meter di Desa Tarean Kecamatan Silinda. Peninjauan selanjutnya melihat langsung sosialisasi Bela Negara yang dilakukan oleh TNI AD dihadapan ratusan siswa/siswi SMA Negeri 1 Silinda, serta diakhiri dengan peninjauan pelayanan kesehatan gratis program TMMD yang digelar di Halaman SMA Negeri 1 Silinda.(red).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.