Bintang Toedjoe Gagas Gerakan Ayo Donor Darah di 70 Kota

Bintang Toedjoe Gagas Gerakan Ayo Donor Darah di 70 Kota

BANDA ACEH –  PT Bintang Toedjoe selaku produsen Extra Joss menggelar aksi kemanusiaan donor darah, Minggu (22/5) di Lapangan Blang Padang Banda Aceh. Kegiatan ini digelar serentak di 70 kota besar di Indonesia mulai 21 Mei 2016.

Area koordinator PT. Bintang Toedjoe Banda Aceh, Januarinto Putra, menjelaskan, Gerakan Ayo Donor Darah digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kebangkitan Nasional, dengan mengusung tema ‘Donor Itu Laki’.

Disebutkan, kegiatan donor darah berskala nasional tersebut merupakan bentuk kepedulian Extra Joss dalam membangkitkan semangat bangsa.

Kegiatan kemanusian ini digelar serentak di 70 kabupaten/kota di Indonesia. Angka 70 dipilih secara khusus berkaitan dengan 70 tahun PT. Bintang Toedjoe telah dan terus memberikan kontribusi serta pengabdian terbaiknya untuk Indonesia tercinta.

Disebutkan, sasaran dari aksi donor darah Extra Joss adalah para pemuda, mahasiswa dan semua elemen masyarakat yang berjiwa Laki. Pasalnya, hasil survey menyebut sebagian besar orang enggan donor karena takut jarum suntik.

“Laki sebagai personality Extra Joss tidak boleh takut. Orang-orang yang berani untuk donor berarti orang yang berjiwa laki,” kata Januarinto Putra didampingi panitia pelaksana Nurdin drai PT. Jia Jaya.

Secara nasional, kata dia, dalam dua hari aksi ‘Donor Itu Laki’, Extra Joss menargetkan tercapainya 25.000 kantong darah. Sementara untuk kota Banda Aceh, semula ditargetkan 300 kantong darah, namun yang berhasil terkumpul sebanyak 112 kantong darah.

“Target kantong darah PMI dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Sementara proses penyediaan kantong darah melalui donor darah sangat tergantung dari kesiapan para pendonor. Jadi Extra Joss ingin memberikan kontribusi yang terbaik,” lanjutnya.

Selain aksi donor darah, Extra Joss juga melakukan sosialisasi dengan menyasar pendonor pemula di sekolah-sekolah dan kampus pada 19-21 Mei 2016.

Menariknya, selain menggandeng PMI, Extra Joss juga mengajak para Juara Dunia di bidangnya untuk terlibat dalam aksi ‘Donor Itu Laki’.

Mereka adalah Juara Dunia Tinju WBO Daud Jordan, Juara Dunia Bulu Tangkis Singapore terbuka 2016 Soni Dwi Kuncoro dan Rio Dewanto sebagai brand Ambassador Extra Joss sekaligus Enterprenuer Muda.

“Mereka mewakili elemen bangsa sekaligus pemuda yang berjuang bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga sebagai inspirator dan contoh yang real dalam menyuarakan gerakan nasional Ayo Donor Darah,” tandasnya.

Sementara itu, PMI mengapresiasi dan menyambut baik langkah Extra Joss dalam aksi donor darah tahun 2016. Pihaknya berharap kegiatan ini benar-benar akan menjadi tonggak baru bagi PMI dalam mencapai target kantong darah yang sudah dicanangkan.

“Gerakan ini sesuai dengan semangat PMI yang ingin semakin melibatkan banyak pihak dari berbagai lapisan masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia, kita upayakan wilayah dengan kontribusi kantong darahnya yang masih kecil akan menjadi meningkat,” ujar  Kepala Cabang PMI Banda Aceh Kamaruzzaman. ()

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.