oleh

Walikota Medan Tanam Pohon Dibantaran Sungai Belawan Medan Tuntungan

MetroRakyat.com|MEDAN-Walikota Medan diwakili Sekda Ir Syaiful Bahri secara simbolis menanam bibit pohon, penanaman pohon ini merupaka aksi penghijauan dalam rangka memperingati Hari Bumi, kegiatan ini dilaksanakan oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kecamatan Medan Tuntungan,  sebanyak  2500 bibit pohon ditanam di bantaran Sungai Belawan Kelurahan Namo Gajah Kecamatan Medan Tuntungan,  Jumat (9/4).

Hadir, mewakili Dandim 0201/BS Pasiter Mayor Inf Budi, anggota DPRD Medan Daneil Pinem, Kapolsek Pancur Batu Kompol Frido Gultom, mewakili Danramil 07/MT Kapten Kaveleri Bina Satria, Kepala Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung H Sofyan, unsur Kaveleri 06 Serbu, unsur Arhanud Tanjug Selamat, tokoh masyrakat serta pimpinan organisi kepemudaan se Kecamatan Medan Tuntungan.

Sekda Ir Syaiful Bahri mengatakan, pemerintah Kota Medan memberikan apresiasi kepada unsur FKPD Kecamatan Medan Tuntungan yang telah memprakarsai kegiatan ini kegiatan ini dinilai sangat posisitf apa lagi dalam rangka memperingati Hari Bumi, diharapkan kegiatan ini tidak hanya seremonial tetapi bergrak bersama-sama dan terus menerus secara ril didalam menciptakan lingkungan yang asri di Kota Medan.

“ Saya minta kegiatan ini jangan hanya seremonial tetapi terus diawasi dan dirawat, lihat tanamannya apakah tumbuh atau mati, bila mati diganti dengan tanaman yang baru, “ ujar Syaiful.

Syaiful mengatakan, menjadikan lokasi hijau adalah menjadi bagian dari fokus pembangunan, melalui pembangunan ruang terbuka hijau baik itu ditengah kota hingga kepinggiran, diharapkan dengan gerakan penanaman pohon ini apa yang menjadi cita-cita bersama dapat segera terwujud.

“ Kegiatan tanam pohon sudah menjadi kebiasaan bagi pemerintah dan steakholder, mulai dari TNI, Media Massa, Perusahaan hingga komunitas peduli lingkungan lainnya sudah menjadikan hal ini menjadi budaya,. “ ungkapnya.

Syaiful berharap sekaligus mengajak masyarakat Kota Medan untuk mengembangkan budaya menanam pohon ini dilingkungan masing-masing, dan sekaligus mencanangkan setiap rumah harus memilki minimal satu pohon, jika ini berjalan yakin pengendalian banjir dan kualitas udara akan meningkat, dan ini akan membawa dampak peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Camat Medan Tuntungan Glora Kurnia Putra Ginting  melaporkan, penghijauan diwilayah Medan Tuntungan merupakan komitmen bersama unsur FKPD Medan Tuntungan beserta elemen masyarakat, sebanyak 2500 bibit pohon terdiri pohon Mahoni, Ketapang Laut, Jambu Bol, Akasia, Mangga Kampung, Melinjo dan Durian akan ditanam dibantaran Sungai wilayah Medan Tuntungan.

Dilaporkannya, ada tiga Sungai yang melewati wilayah Medan Tuntungan yakni Sungai Babura, Sungai Belawan dan Sungai Bekala, untuk bantaran Sungai Babura sudah ditanami pohon penghijau, saat ini penanaman di Bantaran Sungai Belawan dan selanjutnya di bantaran Sungai Bekala.

 “ Kegiatan tanam pohon ini adalah dalam rangka memperingati Hari Bumi yang akan jatuh pada 22 April mendatang, dengan penanaman pohon ini Sungai tidak erosi, lingkungan jadi hijau dan hawa jadi sejuk, “ ujar Glora Ginting.(red)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: