Sekda  Resmikan Kampung UKM Digital Inkubator Biru STIE Harapan

Sekda  Resmikan Kampung UKM Digital Inkubator Biru STIE Harapan

MetroRakyat.com | MEDAN – Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri  Lubis meresmikan  Kampung UKM Digital Inkubator Biru STIE Harapan, Rabu (20/4). Semoga kehadiram Kampung UKM  Digital ini menjadi motor penggerak bagi UKM dalam memanfaatkan TIK (teknologi, informasi dan komunikasi), terutama di lingkungan mahasiswa STIE Harapan.

Persmian ini turut dihadiri Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdakot Medan, Ir Qamarul Fatah,  Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Drs Hasan Basri MM, Kadis Kominfo Kota Medan, Da rusalam Pohan, Kepala Ikubator biru STIE Harapan, DR Tapi Rondang Ni bulan,  Deputi EVP marketing Telkom Regional I Sumatera, Suherman, serta GM Telkom Witel Medan, Zahrial Hamid Nasution.

Menurut Sekda, konsep kampung UKM Digital adalah bagaimana memanfaatkan TIK secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis disuatu area tertentu, sehingga para pebisnis dan pelaku UKM yang ada semakin maju, mandiri dan modern.

Melalui Kampung UKM Digital ini pengembangan UKM bilang Sekda, baik itu promosi produk dan berhubungan l;angsung dengan pembeli melalui online serta dapat juga bertindak sebagai reseller, supplier dan lain sebagainya. Kesemuanya itu terintgritas malalui jaringan internet.

“Saya berharap pengembangan ini terus mwenerus disosialisasikan kepada pelaku UKM dis eluruh Kota Medan, sehingga secara merata pelaku UKM yang ada di Kota Medan telah mampu menfaatkan TIK,” kata Sekda.

Selanjutnya Sekda mengingatkan agar tidak terjebat dengan cara-cara promosi konvesional saja dengan pameran-pameran dan lains ebagainya. Walaupun hal tersebut akan tetap dialksanakan tetapi juga harus ditunjang dengan pemanfaatan TIK. “Saya berharap  Dinas Kopetrasi dan UKM juga mampu mensosilisasikan mengenai Kampung UKM Digital ini,sehingga binaannya juga dapat memafaatkan TIK dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

Kepala Inkubator Biru STIE Harapan, DR Tapi Rondang Ni Bulan,  tujuan kegiatan ini digelar untuk mencetak mahasiswa-mahasiswa menjadi entrepreneur sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan baru. Untuk itulah Ikubator Biru STIE Harapan memberikan pelajaran tentang kewirausahaan kepada para mahasiswanya.

Inkubator Biru yang dipimpinnya ini, jelas Rondang, melakukan beberapa hal seperti inkubasi pendirian usaha dengan melibatkan dosen-dosen. “Untuk menumbuhkan semangat mahasiswa berusaha, inkubasi pengembangan bekerjasama dengan  pemerintah daerah  untuk mempermudah proses perijinan. Sedangkan inkubasi penumbuhan usaha, bekerjasama dengan PT Telkom untuk memuluskan jalan menuju go public melalui akses internet,” terangnya.(red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.