Kapolres Pematangsiantar Hadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 se-Sumatera di Medan

Kapolres Pematangsiantar Hadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 se-Sumatera di Medan
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK., mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Sumatera Selasa (09/7/2024)

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia di Regale International Convention Centre (RICC), Jln. H. Adam Malik No.66-68, Silala, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara, mulai pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Rapat ini dihadiri oleh berbagai narasumber penting, termasuk Menko Polhukam RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, S.I.P., Menteri Dalam Negeri Indonesia Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., Plt. Ketua KPU RI Afifuddin, S. Th. I. M.Si., Ketua Bawaslu RI Rahmad Bagja, SH., LL. M., ASSOP KAPOLRI Irjen Pol Drs. Verdianto I. Bitticaca, M. Hum., Pangkogabwilhan-I Laksdya TNI Agus Hariadi, M.Han., dan Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh gubernur dan ketua DPRD provinsi se-Wilayah Sumatera, Komandan Satuan TNI dari berbagai wilayah, Kapolda dan jajaran Kepolisian se-wilayah Sumatera, Kepala Kejaksaaan Tinggi, Kabinda, Ketua KPU dan Bawaslu dari berbagai Provinsi, kabupaten/kota, serta perwakilan tokoh agama, adat, masyarakat, dan anggota partai politik.

Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, diikuti dengan pembacaan doa dan laporan dari Ketua Panitia. Pj Gubernur Sumatera Utara memberikan sambutan yang kemudian dilanjutkan dengan keynote speech oleh Menko Polhukam.

Dalam kesempatan Itu Mendagri membahas peran pemerintah dalam memfasilitasi penyelenggaraan pilkada, ketua KPU RI mengenai kesiapan dan dinamika pilkada, ketua Bawaslu RI tentang strategi pengawasan, ASSOP Kapolri mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat, dan Panglima TNI tentang kesiapan bantuan TNI.

Rapat diakhiri dengan sesi tanya jawab, penyampaian kesimpulan, foto bersama narasumber dan moderator, serta pembacaan deklarasi pilkada damai oleh penyelenggara, pemerintah, aparat keamanan, tokoh masyarakat, dan perwakilan partai politik. Acara ditutup oleh MC dan diakhiri dengan makan siang dan sholat Dzuhur.

Rapat ini merupakan langkah penting dalam memastikan kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Sumatera dengan tujuan menciptakan pemilihan yang aman, tertib, dan sukses.
Dengan diadakannya rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2024 di wilayah Sumatera ini, diharapkan seluruh pihak terkait dapat bekerja sama secara optimal untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada. Kehadiran berbagai pemangku kepentingan mulai dari pejabat pemerintah, aparat keamanan, hingga tokoh masyarakat menunjukkan komitmen kuat dalam memastikan bahwa setiap tahapan Pilkada dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, dalam pengantarnya menekankan bahwa peran pemerintah pusat dan daerah sangat vital dalam memfasilitasi penyelenggaraan pilkada. Kesiapan administrasi, logistik, serta koordinasi antar instansi harus dipastikan berjalan dengan baik demi kelancaran proses pemilihan.

Sementara itu, Plt. Ketua KPU RI, Afifuddin, menyampaikan bahwa KPU telah mempersiapkan segala aspek teknis dan regulasi untuk mendukung pelaksanaan Pilkada. Beliau juga menggaris bawahi pentingnya transparansi dan integritas dalam setiap tahapan agar hasil Pilkada dapat diterima oleh semua pihak.

Ketua Bawaslu RI, Rahmad Bagja, mengungkapkan bahwa strategi pengawasan akan difokuskan pada pencegahan pelanggaran dan penanganan cepat terhadap setiap indikasi kecurangan. Bawaslu berkomitmen untuk menjalankan tugasnya secara independen dan profesional demi menjaga kualitas demokrasi.

Dalam kesempatan yang sama, ASSOP Kapolri, Irjen Pol Drs. Verdianto I. Bitticaca, menyampaikan bahwa Polri siap mengerahkan seluruh sumber daya untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama Pilkada. Beliau mengingatkan pentingnya netralitas dan profesionalisme aparat dalam menjalankan tugas.

Panglima TNI, Laksdya TNI Agus Hariadi menyatakan kesiapan TNI untuk memberikan bantuan pengamanan jika diperlukan. Sinergi antara TNI dan Polri diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat sehingga mereka dapat menggunakan hak pilihnya tanpa rasa takut.

Acara ini juga diwarnai dengan deklarasi Pilkada Damai yang diikuti oleh seluruh peserta rapat, sebagai simbol komitmen bersama untuk mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan demokratis. Dengan demikian, diharapkan Pilkada Serentak 2024 di Wilayah Sumatera dapat berlangsung dengan sukses dan memberikan hasil terbaik bagi kemajuan daerah. (MR/Red)

Metro Rakyat News