Wali Kota Pematangsiantar Ikuti Karnaval Budaya Nusantara Rakernas APEKSI XVII

Wali Kota Pematangsiantar Ikuti Karnaval Budaya Nusantara Rakernas APEKSI XVII
Bagikan

METRORAKYAT.COM, BALIKPAPAN – Lagu Simalungun dengan judul Sitalasari, diiringi tortor dari rombongan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar mengisi acara di Karnaval Budaya Nusantara, pada rangkaian pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII, di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (05/06/2024) malam.

Rombongan dari Pemko Pematangsiantar dengan berpakaian adat budaya Simalungun dipimpin Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA bersama Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH saat memasuki area Karnaval Budaya Nusantara disambut hangat oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud SE dan sejumlah kepala daerah lainnya.

dr Susanti bersama rombongan pun manortor dan disambut tepuk tangan sejumlah kepala daerah dan ribuan masyarakat yang hadir.

Walau sempat hujan gerimis, tidak membuat surut semangat dr Susanti bersama rombongan untuk manortor dalam memperkenalkan budaya Simalungun.

Seperti diketahui, 6.500 peserta hadir dari seluruh delegasi yang berpartisipasi dalam Karnaval Budaya Nusantara sebagai rangkaian Rakernas XVII APEKSI Tahun 2024. Kota Pematangsiantar bersama 69 kota yang ada di Indonesia menampilkan berbagai budaya dalam acara tersebut.

Karnaval Budaya Nusantara diawali penampilan tarian kolosal, seperti Tari Gantar, Tari Mahligai, dan Tari Perang Buldog. Para peserta, yang terdiri dari siswa-siswi dan sanggar seni tari di Balikpapan, menampilkan performa terbaiknya diiringi musik tradisional yang merdu.

Selain dihadiri wali kota dari seluruh Indonesia, Karnaval Budaya Nusantara juga dihadiri Wakil Presiden terpilih yang saat ini menjabat Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (MR/M. Baringin P Sihombing)

Metro Rakyat News