TMMD Ke-120 Kodim 0209/LB Selat Beting Resmi Ditutup Danrem 022/PT 

TMMD Ke-120 Kodim 0209/LB Selat Beting Resmi Ditutup Danrem 022/PT 
Bagikan

METRORAKYAT.COM-LABUHANBATU. Kegiatan lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun 2024 yang dilaksanakan Kodim 0209/LB di wilayah Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Jum’at 07 Juni 2024 pukul 09.30 Wib secara resmi ditutup Danrem 022/Pantai Timur.

Penutupan dengan Inspektur Upacara Danrem 022/PT Kolonel Inf Tagor Rio Pasaribu, SE, sebagai Komandan Upacara Mayor Inf Johannes Sembiring dan Perwira Upacara Pasi Pers Lettu Inf Jumawal digelar di Lapangan SMP Negeri 2 Panai Tengah
Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu.

Acara penutupan menyiapkan pasukan upacara 1 SST Kodim 0209/LB, 1 SST Yonif 126/KC, 1 Regu Angkatan Laut, 1 Regu Polres Labuhanbatu dan diikuti Pelajar SMPN 2 Panai Tengah serta siswa-siswi SD Swasta Karya Perjuangan & SD Swasta Cinta Maju.

Turut hadir dalam acara penutupan Plt Bupati Labuhanbatu Bupati Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM, Danbrigif 7/RR Kolonel Inf Aidil Amin S.IP, Kasiter Korem 022/PT, Letkol Inf. Fahroel Muhadi, Danyonif 126 /KC Letkol Inf Fernando Batubara, Kapenrem 022/PT Mayor Inf Khairul Hadi, Dantim Intel Rem 022/PT Kapten Inf Ongku Siregar, Para OPD pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Para perwira staf Kodim 0209/LB, Para Danramil jajaran Kodim 0209/LB, Kapolsek Panai Tengah AKP H. Naibaho, S.H.M.H, Camat Panai Tengah Amran S.Pd dan Pj Kades Desa Selat Beting Yusnan Harahap, SE serta ribuan warga.

Amanat Pangdam I/BB yang dibacakan Danrem 022/PT Kolonel Inf Tagor Rio Pasaribu, SE. “Kita mengetahui bahwa TNI manunggal membangun desa (TMMD) merupakan bentuk operasi Bhakti TNi yaitu OMSP (Operasi Militer Selain Perang) dengan menentukan sasaran fisik sudah sesuai ketentuan dengan mempertimbangkan prioritas kebutuhan yang sangat di perlukan masyarakat,” jelasnya

Pelaksanaan kegiatan TMMD yang sudah berlangsung selama satu bulan, yang dilaksanakan enam Satgas di seluruh jajaran Kodam I/BB, yang diawali dengan kegiatan pra TMMD yakni bersatu padunya semua komponen bangsa yang terkoordinasi, dan terkoordinir yang dilaksanakan secara bahu membahu dengan cara gotong royong.

TMMD ke-120 ini disamping melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik juga melaksanakan pembangunan dengan sasaran tambahan berupa program unggulan kasad meliputi TNI manunggal air, Pembangunan RLTH, Program penurunan stunting, Penanaman pohon mangrove, serta program ketahanan pangan.

Danrem menyampaikan, sekaligus kami juga mengucapkan terimakasih kepada wartawan baik media cetak maupun elektronik yang telah meliput, merilis dan mempublikasikan kegiatan TMMD ke-120 ini, sehingga dapat di akses oleh masyarakat sekitar maupun secara nasional untuk menambah semangat membangun daerah lain.

“Saya selaku Danrem 022/PT mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan seluruh komponen dan masyarakat yang telah mendukung kegiatan TMMD disini berjalan lancar, dan apabila ada kesilapan atau tutur kata Satgas yang telah menyinggung warga masyarakat mohon maaf yang sebesar-besarnya, “ucap Danrem.

Pamen abituren 96 kualifikasi Komando ini menyampaikan bahwa lokasi Selat Beting sangat tepat untuk sasaran TMMD, khususnya TNI Manunggal Air Program Unggulan Kasad, jauh dari kota terisolir dan memang air bersih disini sangat dibutuhkan sekali untuk kelangsungan hidup manusia, khususnya generasi.

“Kiranya Warga bisa menjaga dan apa yang telah dibangun oleh Satgas TMMD Ke-120 Kodim 0209/LB, rawat dan jagalah, ingatlah kami hadir untuk masyarakat, “sebut Pamen lama tugas di Kopassus.

Kegiatan TMMD merupakan kegiatan TNI Manunggal dengan Rakyat keterpaduan antara TNI bersama pemerintah daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Plt Bupati menyampaikan dengan telah ditutupnya TMMD Kodim 0209/LB
Melalui tema “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepat Pembangunan di Wilayah”, semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh warga Selat Beting.

“Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI, karena melaksanakan kegiatan TMMD ke-120 Kodim 0209/LB Kodam I/BB Tahun 2024 di Desa Selat Beting. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah pedesaan dan apresiasi kepada TNI yang telah bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengadakan program TMMD di wilayah Kabupaten Labuhanbatu. Ini adalah bukti nyata kolaborasi yang kuat antara institusi Pemerintah dan TNI dalam upaya membangun dan meningkatkan infrastruktur serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu”.

“TMMD ini merupakan upaya bersama dalam mempercepat pembangunan di berbagai sektor. Kegiatan ini akan fokus pada pengembangan infrastruktur, peningkatan kualitas lingkungan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan meningkatkan aksesibilitas serta kualitas pelayanan publik”, kata Plt Bupati.

Kegiatan fisik peningkatan jalan sepanjang 1550 Km dengan lebar 5,5 meter dari Desa Selat Beting menuju Desa Sei Siarti berjalan sukses dan kegiatan non fisik sukses semua.

Selain itu pembuatan sasaran tambahan 5 unit sumur bor air bersih juga sukses dan lancar. “Saya sangat berterimakasih TNI AD telah membantu saya,” ucap Plt Bupati.

Selanjutnya Danrem dan rombongan meninjau acara baksos pengobatan massal, Pencegahan Stunting dan peninjauan Sunat massal serta pembagian sembako.(erni)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.