Kenang Tragedi KM Sinar Bangun, Bupati Simalungun dan Keluarga Ziarah ke Tiga Ras

Kenang Tragedi KM Sinar Bangun, Bupati Simalungun dan Keluarga Ziarah ke Tiga Ras
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SIMALUNGUN – Untuk mengenang tragedi tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang terjadi pada 18 Juni 2018 lalu di Danau Toba, bupati dan keluarga melakukan ziarah di monumen KM Sinar Bangun, Selasa (18/6/2024).

Monumen KM Sinar Bangun ini berada di objek wisata Tiga Ras Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Momen ziarah ke monumen ini berlangsung setiap tahunnya yang dilakukan oleh Bupati Simalungun dan keluarga serta keluarga para korban.

Sebagaimana diketahui bahwa KM Sinar Bangun saat peristiwa tersebut mengangkut penumpang sebanyak 164 orang, 3 orang dinyatakan meninggal dan 161 orang dinyatakan hilang.

Mengawali kegiatan ziarah tersebut, bupati dan keluarga didampingi sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat serta keluarga korban melakukan tabur bunga di titik lokasi tenggelamnya KM. Sinar Bangun.

Selanjutnya bupati dan rombongan menuju monumen KM Sinar Bangun untuk melakukan kegiatan yang sama, diiringi isak tangis dari keluarga para korban.

Alif, salah seorang anak dari Sait Buttu Saribu Kecamatan Pamatang Sidamanik, merupakan salah satu anak dari korban tragedi KM Sinar Bangun, ikut hadir dalam ziarah tersebut.

Saat masih usia 6 bulan, Alif sudah kehilangan orangtuanya yang menjadi korban dalam tragedi tersebut. Susana harupun menyelimuti seluruh peserta ziarah termasuk bupati dan keluarga saat melihat Alif, karena saat bayi sudah kehilangan orangtuanya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Simalungun menyampaikan rasa duka yang mendalam atas peristiwa KM Sinar Bangun yang terjadi enam tahun lalu.

“Semua warga Simalungun merasakan kesedihan yang sangat mendalam karena tragedi tenggelam KM Sinar Bangun,”ucap bupati kepada keluarga korban.

Untuk itu, bupati berharap kepada seluruh keluarga agar tetap bersabar dan mendoakan keluarganya yang menjadi korban dalam tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba.

“Tetap kita berikan doa kepada para korban, kita mohon kepada sang pencipta agar korban yang meninggal maupun yang hilang di terima di sisi Tuhan,”ucap bupati.

Tampak hadir dalam acara tersebut Camat Dolok Pardamean bersama Forkopimca, tokoh agama dan tokoh masyarakat Tiga Ras. (MR/Red)

Metro Rakyat News