TP PKK Kabupaten Simalungun Gelar Festival Tari Daerah dan Lomba Senam Lansia Tahun 2024

TP PKK Kabupaten Simalungun Gelar Festival Tari Daerah dan Lomba Senam Lansia Tahun 2024
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SIMALUNGUN – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Simalungun menggelar festival tari (tor-tor) daerah Simalungun dan lomba senam lansia Tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Simalungun, Sumut, Kamis (30/5/2024).

Secara resmi, kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Ketua TTP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Dalam sambutannya Bupati Simalungun menyampaikan bahwa, kegiatan ini bertujuan agar seluruh orang tua/lansia di Kabupaten Simalungun tetap sehat jasmani dan rohaninya, sekaligus menjaga seni budaya Simalungun.

Bupati berharap, melalui program PKK ini Pemerintah Kabupaten Simalungun dapat berinteraksi dengan masyarakat khususnya para lansia dan anak-anak remaja.

“Jadi kami mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP PKK yang begitu antusias dan aktif dalam melaksanakan program PKK di Kabupaten Simalungun,”ucap Bupati.

Disampaikan Bupati bahwa, dirinya begitu bangga dengan program PKK ini, sebab tidak hanya pemerintah yang ambil bagian dalam kesehatan serta mempertahankan Budaya Simalungun.

“Ternyata PKK juga ikut ambil bagian dalam menjaga kesehatan masyarakat dan mempertahankan budaya daerah kita ini,”ujar Bupati.

Dengan program PKK ini, Bupati mengatakan, kita dapat merawat budaya Simalungun seperti tarian daerah ini, sehingga anak-anak yang kita banggakan tetap mengetahui budaya dan tarian Simalungun, juga program senam lansia untuk menjaga kesehatan.

Oleh karena itu, Bupati kembali berharap, program ini harus berkelanjutan dan lakukan secara berkesinambungan demi merawat dan menjaga budaya Kabupaten Simalungun dan tetap mengutamakan kesehatan.

“Keberadaan PKK bisa berdampingan dengan struktural ASN yang ada di Kabupaten Simalungun dan kita berharap PKK ini akan berdampak positif bagi masyarakat Simalungun,”harap Bupati.

“Kita tidak perlu melihat ke belakang, akan tetapi untuk saat ini dan seterusnya kita harus tetap bergandengan untuk membangun Kabupaten Simalungun,”pungkas Bupati.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan TP PKK ini merupakan final festival tari (Tor – Tor) daerah Simalungun tingkat remaja dan lomba senam sehat lansia Kabupaten Simalungun tahun 2024.

“Kita patut mengucapkan puji syukur kepada Tuhan, dimana sejak dimulainya festival sampai hari ini final semua peserta pada sehat – sehat seluruhnya,”ucap Ratnawati.

Ratnawati mengatakan bahwa, untuk Tahun 2024 ini, TP PKK memprogramkan di setiap Nagori melaksanakan senam lansia dan di perlombakan. “Tujuannya agar orang tua kita semua sehat-sehat,”ujarnya.

Selanjutnya, Ratnawati meminta kepada para Camat dan Pangulu/Kepala Desa agar tetap menjalankan program senam lansia dan tetap melatih anak-anak seni tari daerah Simalungun, sehingga kegiatan ini tidak hanya saat ada perlombaan, akan tetapi terus berkelanjutan.

“Ini bertujuan melestarikan seni budaya kita kepada masyarakat khususnya kepada anak-anak, sehingga mereka dapat mengisi waktunya dengan kegiatan yang positif, dan tidak hanya dihabiskan waktunya untuk bermain gadget,”sebut Ratnawati.

“Siapa pun nanti yang tampil sebagai juara, harus kita terima dan bagi yang kalah harus tetap semangat karena program ini akan berkelanjutan setiap tahunnya,”kata Ratnawati menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Ratnawati mengucapkan terimakasih kepada para orang tua lansia dan anak anak yang begitu antusias dalam mengikuti kegiatan ini. (MR/Rel)

Metro Rakyat News