Pengamat Ekonomi Sumut DR Supriadi : Kabir Bedi Sosok yang Tepat Pimpin Tirtanadi Kembali

Pengamat Ekonomi Sumut DR Supriadi : Kabir Bedi Sosok yang Tepat Pimpin Tirtanadi Kembali
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – salah seorang pengamat ekonomi Sumatera Utara (Sumut) DR Supriadi SE MM MSi angkat bicara bahwa sosok yang tepat untuk memimpin kembali Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtanadi adalah Kabir Bedi. Hal itu dikatakan DR Supriadi kepada wartawan Minggu (5/5/2024).

Supriadi mengatakan bahwa berdasarkan data selama Kabir Bedi jadi Direktur Utama (Dirut) Pendapatam Asli Daerah (PAD) terus meningkat, tahun 2020 PAD yang disetorkan ke Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mencapai Rp 26 Miliar lebih. Untuk tahun 2021 terjadi peningkatan menjadi Rp 30 miliar lebih. Selanjutnya tahun 2022 mencapai Rp 31,5 miliar dan tahun 2023 PAD yang dihasilkan Tietanadi mencapai Rp 35 miliar.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) itu lebih dalam menjelaskan terkait peningkatan PAD yang dihasilkan Tirtanadi tiap tahun maka core bisnis yang dibangun Tirtanadi mengalami kemajuan yang signifikan dalam perkembangannya.

“Hal ini harus ditingkatkan untuk kedepannya, karena suatu perusahaan bisa sehat finansial, tentu lantaran mengedepankan efisiensi. Nah disisi lain perusahaan ini mampu memaksimalkan layanan berarti “effort” (upaya) berkonsekuensi pembiayaan,”jelas Supriadi.

Selain itu kata Supriadi banyaknya penghargaan dalam empat tahun berturut yang diraih Perumda Tirtanadi, menunjukkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sumatera Utara ini, mengalami banyak perkembangan dan kemajuan dalam tata kelola manajemen perusahaan yang baik.

Bahkan menurutnya (Supriadi-red) meningkatnya PAD yang dicapai Tirtanadi setiap tahunnya juga menunjukkan trend positif dari sisi efisiensi dan tata kelola keuangan berbasis digital. Ini yang membuat akuntabilitasnya unggul.

Menurutnya lagi performa yang ditunjukkan Kabir Bedi selaku Dirut Perumda Tirtanadi, berbuah hasil yang maksimal dalam tata kelola perusahaan.

“Dua kali mendapatkan penghargaan Golden Trophy Bintang 5, yakni di tahun 2023 dan 2024 sebagai CEO Terbaik Top BUMD dari Institut Otonomi Daerah, menegaskan kalau Kabir Bedi adalah sosok yang tepat memimpin Perumda Tirtanadi,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya bahwa kunci atas capaian itu adalah seorang CEO (pemimpin) seberapa epik kemampuan manajerialnya untuk membangun tata kelola keuangan yang benar-benar akuntabel.

Terkait layanan ke masyarakat, Supriadi yang juga Ketua DPW GM Pujakesuma Sumut ini, mengaku selama ini mendengar jika pelayanan yang diberikan Tirtanadi kepada masyarakat sudah cukup baik.

“Kalau untuk hal ini, kita sebagai masyarakat yang juga pelanggan Tirtanadi berharap pelayanan lebih ditingkatkan lagi agar masyarakat semakin puas dengan kinerja Tirtanadi,” ujarnya.

Selain itu ditambahkan Supriadi dalam kurun waktu empat tahun sejak tahun 2021, Perumda Tirtanadi sudah memperoleh 11 penghargaan dan Kabir Bedi selaku Dirut juga memperoleh penghargaan pribadi sebanyak tujuh penghargaan.

Seperti diketahui beberapa hari kedepan periodesasi kepemimpinan Kabir Bedi dan dua orang Direksi lainnya akan berakhir dan dapat diangkat kembali oleh Pj Gubernur Sumut.(MR/red)

Metro Rakyat News