Hardiknas 2024, SMPN 1 Pacar Siap Wujudkan “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar

Hardiknas 2024, SMPN 1 Pacar Siap Wujudkan “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MABAR – Puncak perayaan Hardikanas tahun 2024 yang di rayakan serentak di tanah air merupakan suatu catatan sejarah bangsa Indonesia yang perlu diperingati oleh semua segenap insan pendidikan di seluruh tanah air.

Peringatan tersebut dilaksanakan pada hari ini, 02 Mei 2024, tak terkecuali puluhan Guru dan pelajar SMPN 1 Pacar yang berada di Desa Pacar, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, NTT

Melalui pesan WhatsApp kepada media ini, Kamis (02/04/2024), Kepala Sekolah SMPN 1 Pacar, Fernandes Goa., S.Pd menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan upacaranya yang menjadi Inspektur upacara adalah Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Pacar, Kamilus Pangge. Lalu upacara ini di inisiasi oleh beberapa sekolah yakni SMPN 1 Pacar, SMAN 2 Pacar, SDK Pacar, SDN Kenkar, SDI Watu Wangka dan staf kantor kecamatan pacar, namun pelaksanaannya di halaman sekolah SMPN 1 Pacar.

Saat ditanyai pesan dalam memperingati Hardiknas 2024 kali ini, Kepsek SMPN 1 Pacar yang kerap disapa Fenan Goa itu katakan bahwa sesuai dengan Tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI.

“SMPN 1 Pacar siap berkomitmen untuk mewujudkan tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar yang diusung oleh Kemdikbudristek RI tersebut,”ujarnya

Menurutnya, merdeka belajar yang dimaksud itu adalah dalam kondisi apapun, dimanapun tempatnya, dalam suasana apapun, belajar harus tetap berlangsung. Untuk itu, kami SMPN 1 Pacar, telah siap mewujudkan Merdeka Belajar”, ungkapnya.

Lebih luas lagi, lanjut Dia, Merdeka Belajar membuat sekolah, murid, dan guru, memiliki kebebasan untuk berinovasi, belajar dengan mandiri dan kreatif. Kementerian Pendidikan dan dinas pendidikan, telah memberikan ruang inovasi di masing-masing sekolah, Sistem pengajaran juga berubah, dari yang awalnya bernuansa di dalam kelas menjadi di luar kelas.

Nuansa pembelajaran akan lebih nyaman, karena murid dapat berdiskusi lebih dengan guru, belajar dengan outing class, dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi lebih membentuk karakter peserta didik yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, berkompetensi, dan tidak hanya mengandalkan sistem ranking”, bebernya.

Sebenarnya, ujar Fenan Goa, setiap anak memiliki bakat dan kecerdasannya dalam bidang masing-masing. Nantinya, lewat kebijakan tersebut , akan terbentuk para pelajar yang siap kerja dan kompeten, serta berbudi luhur di lingkungan masyarakat.

Kemudian, Fenan Goa juga berpesan, di Hari pendidikan nasonal tahun 2024 ini agar para pelajar selalu menumbuhkan semangat belajar demi menggapai cita-cita.

“Serta terciptanya suasana belajar, yang bahagia tanpa dibebani dengan pencapaian skor atau nilai tertentu”, pungkasnya

Diketahui, usai melaksanakan upacara bendera, para siswa suguhkan beberapa jenis kegiatan seperti pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Indonesia dan pentas tarian budaya Manggarai sebagai wujud cinta akan adat dan budaya tanah air. (MR/Eras).

Metro Rakyat News