Dinas PUPR Aceh Barat Bangun Sarana Sistem Penyediaan Air Bersih Untuk 1.976 Rumah Tangga Miskin

Dinas PUPR Aceh Barat Bangun Sarana Sistem Penyediaan Air Bersih Untuk 1.976 Rumah Tangga Miskin
Bagikan

METRORAKYAT.COM, ACEH BARAT – Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 2022 hingga 2023 lalu telah berhasil menyalurkan air bersih untuk 1.256 rumah tangga miskin di kawasan pedesaan yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Bahkan pada tahun 2024, dinas ini menargetkan penyaluran air bersih mencapai 1.976 rumah tangga miskin lewat pembangunan sarana Sistem Penyedian Air Minum.

Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat Dr.Kurdi menyebutkan, penyediaan sanitasi sehat tersebut sebagai upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten setempat dalam menjaga kesehatan masyarakat secara fisik maupun mental.

Kata dia, program ini terus digenjot pihaknya sebagai upaya menjaga lingkungan bersih dan sehat sehingga mampu mencegah stunting terutama mereka yang masih dalam pertumbuhan 0-59 bulan.

“Penyediaan sanitasi ini tentunya dibutuhkan untuk melindungi setiap orang dari faktor yang menimbulkan gangguan kesehatan fisik maupun mental. Sanitasi bersih tentunya menjaga lingkungan bersih dan sehat, tentunya upaya mencegah stunting bagi anak usia 0-59 bulan. Saat ini ada 1.259 rumah tangga yang telah memperoleh, tahun 2024 kita targetkan menjadi 1.976 rumha tangga,” kata Kurdi

Kurdi menjelaskan, pihaknya terus menggenjot penyediaan sarana sanitasi sehat seperti air bersih serta jamban sehat bagi masyarakat dalam upaya menghadirkan kesehatan lingkungan ditengah masyarakat.

Program yang dikembangkan pihaknya tersebut, kata dia, merupakan kolaborasi PUPR dengan Dinas Kesehatan, sesuai dengan visi misi Penjabat Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi, barat dalam menurunkan angka stunting.

“Program ini merupakan kolaborasi kita dengan Dinkes. Dimana Dinkes lebih ke pendidikan, dan makanan sehat bagi masyarakat kita ke insfrastrukturnya guna menekan angka stunting serta mencegah stunting, sesuai visi misi Pj Bupati Aceh barat,” ucapnya.

Ditambahkan Kurdi, program sanitasi yang dilakukan pihaknya tersebut juga membangun generasi sehat menuju Indonesia emas 2045 sesuai slogan yang diusung Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih yakni Prabiwo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (MR/udinjazz)

Metro Rakyat News