Antisipasi DBD, Duma Ingatkan Warga Jaga Kesehatan di Musim Panas

Antisipasi DBD, Duma Ingatkan Warga Jaga Kesehatan di Musim Panas
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Kondisi cuaca di kota Medan yang tidak menentu dikhawatirkan dapat menyebabkan datang berbagai penyakit terhadap masyarakat. Apalagi Duma mendapat kabar jika di rumah sakit saat ini banyak pasien yang dirawat karena menderita penyakit deman berdarah dengue. Menurut ahli kesehatan Demam Berdarah Dengue yaitu sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Demikian diungkapkan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung pada saat melaksanakan Sosialisasi Perda No. 4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan di Kota Medan, Minggu (26/5) yang dimulai pukul 14.00 WIB sampai selesai di Jalan Beringin 2 Kelurahan Helvetia Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan.

Disebut politisi Partai Gerindra Kota Medan ini lagi, agar masyarakat tidak memandang enteng penyakit DBD karena dapat mematikan dan menular kemanapun. ” Untuk itu, mari kita sama sama menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kita masing masing terutama di kelurahan Helvetia dan Kecamatan Medan Helvetia, “ujar nya.

Duma mengatakan sengaja mengangkat Perda Tentang Sistem Kesehatan karena dia banyak menerima laporan dari data dinas kesehatan bahwa saat ini jumlah pasien terkena DBD meningkatkan.

Duma pun menghimbau warga agar menyiapkan administrasi kependudukan agar ketika sakit dapat memanfaatkan program sistem jaminan Kesehatan medan berkah yakni berobat gratis cukup dengan memakai Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan.

“Jangan ada lagi masyarakat ketika hendak berobat ke puskesmas ataupun ke rumah sakit terhambat karena adminduk tidak lengkap, ” terang Duma.

Disaat pelaksanaan Sosperda tersebut, dimanfaatkan warga undangan yang hadir untuk mengadukan keluhan mereka. Seperti pada sesi tanyajawab, Ibu Atun Jalan Bakti Luhur Gang Saudara No. 162 b mengeluhkan air milik PDAM Tirtanadi yang selalu mati. Begitu juga Op. Zesaya dan Juspita Br. Sinaga warga Jalan Mesjid Gang Setia, perwakilan warga ini mengeluhkan masalah lampu penerangan jalan umum.

Menjawab pertanyaan warga tersebur, Duma mengatakan untuk masalah air PDAM yang dikeluhkan warga Jalan Bakti Luhur, segera akan dikonfirmasi kepada pihak PDAM Tirtanadi. ” Masalah air bersih itu juga salah satu bagian dari upaya menjaga kesehatan, jika air PDAM Tirtanadi yang disalurkan ke rumah warga tidak beres dan bermasalah tentunya akan berimbas kepada masyarakat terutama konsumsi air bersih dan kebutuhan lainnya. Jadi kami ajaj segera berkoordinasi dengan pihak PDAM Tirtamadi,”ujar nya.

Termasuk masalah LPJU Jalan yang banyak mati dikeluhkan warga Jalan Masjid, Duma mengatakan segera akan dilakukan perbaikan oleh dinas perhubungan kota Medan. ” Kita sangat senang ketika warga banyak aktif melihat kendala dilingkungannya masing masing dan menyampaikannya pada orang yang tepat di pelaksanaan Sosperda ini, “ujarnya.

Bukan hanya permasalaan lampu jalan dan air, warga di pelaksanaan Sosperda legislatif asal Dapil 1 Kota Medan ini pun banyak mengeluhkan masalah bantuan dana untuk anak sekolah dan diaktifkan kembali Siskamling untuk mengantisipasi masing,

“Kalau bisa ibu, mohonlah agar Kepling kembali mengaktifkan Siskamling, sebab di tempat kami Jalan Eka Prasetia rawan maling, ” terang Ibu Nurlince Munthe.

Menjawabnya, Duma mengatakan semua yang dikeluhkan warga tadi kepada dia di saat sosperda akan segera ditanggapi dan akan ditindak lanjuti.

” Saya dipilih oleh bapak dan ibu sekalian sehingga duduk untuk periode ke tiga, sehingga apapun yang menjadi keluhan dan keinginan yang disampaikan akan saya perjuangkan sampai tuntas, “terang Duma.

Diakhir kegiatan pelaksanaan Sosperda tersebut, Dame Duma Sari Hutagalung membagikan suvenir, nasi kotak dan kue kotak kepada seluruh warga yang diundang hadir. (MR/Irwan Manalu)

Metro Rakyat News