Pentingnya Kekayaan Intelektual Kemajuan Daerah, Kemenkumham Riau Kunjungi  Bupati Inhu 

Pentingnya Kekayaan Intelektual Kemajuan Daerah, Kemenkumham Riau Kunjungi  Bupati Inhu 
Bagikan

METRORAKYAT.COM, INDRAGIRI HULU – Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya kekayaan intelektual khususnya Indikasi Geografis, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Budi Argap Situngkir bersama Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Edison Manik melakukan kunjungan ke Bupati Indragiri Hulu.

Kunjungan Kakanwil beserta rombongan tersebut disambut  oleh Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi bersama Asisten Bidang Hukum dan para kepala dinas di lingkungan Kabupaten Indragiri Hulu. Bupati dan jajaran menyambut hangat kedatangan perdana Kakanwil di Kebupaten Indragiri Hulu selama menjabat di bumi Melayu.

Kakanwil menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat Bupati dan jajaran kepada rombongan Kanwil Kemenkumham Riau. “Terima kasih kami ucapkan kepada Ibu Bupati beserta jajaran pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu atas perkenannya membuka dialog bersama kami meskipun dalam suasana Ramadhan.

Maksud kedatangan kami yang merupakan pertama kalinya kami menginjakkan kaki di Kabupaten Indragiri Hulu ini adalah untuk mempererat sinergitas serta menyampaikan amanah Menteri Hukum dan HAM terkait penyebarluasan dan pelayanan kepada masyarakat terkait pentingnya kekayaan Intelektual dalam meningkatkan kesejahteraan daerah khususnya melalui Indikasi Geografis, dan pada tahun ini Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual mrncanangkan bahwa tahun 2024 adalah Tahun Indikasi Geografis.

Untuk itu kami mengharapkan pemerintah daerah dapat berperan aktif dan bersemangat untuk menemukan potensi yang ada di daerahnya. Kami jajaran Kemenkumham Riau siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah demi terwujudnya hal ini”, ucap Budi Argap

Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi menyampaikan bahwa Kabupaten Indragiri Hulu begitu antusias dan siap mendukung penuh apa yang menjadi harapan Kemenkumham terkait Kekayaan Intelektual.

“Kami jajaran Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu sangat berterima kasih atas kehadiran Kakanwil Kemenkumham Riau beserta jajaran di Indragiri Hulu. Tentunya atas apa yang telah dan akan dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM Riau khususnya terkait Kekayaan Intelektual, kami sangat mendukung penuh, bahkan daerah kami telah memiliki banyak kekayaan intelektual yang telah terdaftar, seperti motif batik dan berbagai merek UMKM di Kabupaten Inhu.

Selanjutnya terkait Indikasi Geografis, kami melalui dinas pertanian juga telah mempersiapkan untuk mendaftarkan IG yaitu Nenas Madu Sukajadi dan Kopi Talang Mamak. Kami selama ini juga telah menjalin kolaborasi yang baik dengan UPT Kemenkumham Riau di Kabupaten Indragiri Hulu yaitu Rutan dan Rupbasan Rengat.

Untuk itu kami mengharapkan kolaborasi dan sinergitas ini dapat terus terjalin demi terwujudnya tujuan yang sama-sama ingin kita capai yaitu kesejahteraan dan pelayanan prima bagi masyarakat.”, harapnya.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM juga menambahkan bahwa selama ini Pemkab Inhu telah menjalin hubungan yang begitu erat dengan Kanwil Kemenkumham Riau khususnya di bidang hukum. “Selama enam tahun berturut-turut pemkab Inhu konsisten meraih penghargaan dari Kemenkumham Riau terkait Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Kami mengharapkan kerja sama kita terus terjalin dengan baik, dan semangat Kabupaten Inhu ini dapat menular kepada daerah lainnya di provinsi Riau”, ujar Edison.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan HAM, Dean Satria, Kepala Rutan Kelas IIB Rengat, Julius Barus, Kepala Rupbasan Kelas II Rengat, Haidi Zamri (MR/Ob )

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.