Bajumpo Andiang, Bupati Safaruddin Dorong Akselerasi Pelayanan KTP hingga Serahkan Bantuan Bibit Durian dan Alpukat

Bajumpo Andiang, Bupati Safaruddin Dorong Akselerasi Pelayanan KTP hingga Serahkan Bantuan Bibit Durian dan Alpukat
Bagikan

METRORAKYAT.COM, LIMAPULUH KOTA – Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo kembali laksanakan program “Bajumpo” (Bupati Jum’at Manyapo). Setelah sukses terselenggara di Banja Loweh, Ampalu, Galugua, dan Koto Tinggi, Program Bajumpo kali ini dilaksanakan di Nagari Andiang, Kecamatan Suliki, Jum’at, (19/01/2024).

Bajumpo adalah interaksi ala Bupati Safaruddin dengan warganya, dilakukan tanpa batas dan sekat guna menjemput langsung aspirasi masyarakat di berbagai nagari di Limapuluh Kota serta memastikan setiap pelayananan dasar yang diberikan pemerintah berjalan dengan baik.

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan Bupati di Nagari Andiang diantaranya pelayanan pembuatan dokumen kependudukan, cek kesehatan gratis, diskusi dengan 16 Kelompok Wanita Tani, pemberian bantuan pembangunan rumah ibadah, penyerahan bantuan Baznas Limapuluh Kota hingga pemberian bantuan benih jagung, durian, dan alpukat.

Bupati menyampaikan, program Bajumpo merupakan sebuah inovasi yang ia cetuskan guna memastikan pelayanan pemerintah di Nagari berjalan lancar yang dirangkai dengan penyerapan aspirasi dan penyaluran bantuan oleh pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.

Lanjut Bupati, dengan adanya program ini, setiap keluhan dan usulan itu menjadi catatan pribadi bagi dirinya dan OPD terkait yang mendampingi dalam program tersebut.

“Selain mendengarkan aspirasi, akan ada banyak hal lain yang akan dilakukan dalam program BAJUMPO, seperti penyerahan bantuan sosial, penyerahan sertifikat dan bazar layanan OPD seperti pemeriksaan dan pengobatan gratis, pelayanan dokumen kependudukan dan lain sebagainya,” ujarnya. Bupati .

Lebih lanjut Ia menyampaikan, tidak sampai sebulan akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan DPR, Bupati mendorong Disdukcapil bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan utamanya pengurusan KTP bagi masyarakat.

“Hal ini penting, guna memastikan masyarakat Limapuluh Kota ikut andil dalam kontestasi lima tahunan tersebut,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Warga Andiang, Eti, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya program Bajumpo di Nagari Andiang.

“Kehadiran Bupati Limapuluh Kota sangat dirindukan masyarakat Andiang, bisa bertegur sapa dan mendengarkan aspirasi masyarakat menjadi bukti kedekatan Bupati dengan rakyatnya ” ungkap Eti.

Lebih lanjut Eti mengungkapkan, jika kegiatan ini harus konsisten terlaksana.

“Semoga kegiatan BAJUMPO konsisten dilakukan Pak Bupati dengan mendengarkan segala keluhan masyarakat bisa langsung ditanggapi dan dicarikan solusinya untuk kemajuan Limapuluh Kota,” pungkasnya.(MR/Dodi Surya)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.