Pemkab Kendal Raih Penghargaan APE Kategori Nindya

Pemkab Kendal Raih Penghargaan APE Kategori Nindya
Bagikan

METRORAKYAT.COM,KENDAL– Pemerintah Kabupaten Kendal berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2023 kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI. Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, di Jakarta pada Selasa, (19/12/2023).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kabupaten Kendal, Albertus Hendri Setyawan menjelaskan, Pemkab Kendal yang sebelumnya berada di kategori Pratama, namun pada tahun 2023 ini langsung mendapatkan penghargaan APE kategori Nindya. Penghargaan ini merupakan wujud komitmen Pemkab Kendal dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan anak. “Tahun ini naik dua peringkat, karena sesuai peringkat dimulai dari kategori Pratama, kemudian Madya, lalu Nindya, tapi Pemkab Kendal dari kategori Madya langsung ke Nindya,” jelasnya.

Hendri mengatakan, Kementerian PPPA RI memberikan apresiasi, karena Kabupaten Kendal telah menunjukkan peningkatan yang luar biasa dan perubahan yang signifikan. Perubahannya di antaranya, semua OPD, programnya sudah mengarah pada kesetaraan gender. Kebijakan-kebijakan dan inovasi dari masing-masing OPD sudah mengarah kepada kesamaan gender. “Banyak inovasi yang dilakukan oleh OPD yang menunjukkan adanya kesetaraan gender, seperti Dinas Pendidikan dan Dinas Tenaga Kerja,” katanya.

Sementara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menuturkan, penghargaan APE 2023 merupakan kado akhir tahun yang diberikan Kementerian PPPA. Ia mengaku bersyukur atas penghargaan yang diraih, karena penghargaan tersebut merupakan kebanggan bagi Pemkab Kendal yang sebelumnya hanya meraih Pratama, namun saat ini langsung naik dua tingkat menjadi Nindya. “Penghargaan ini, merupakan prestasi bersama dan bentuk keseriusan Pemkab Kendal dalam kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan juga pemberdayaan anak,” ujarnya.

Bupati mengatakan, kesetaraan gender akan terus ditingkatkan, karena perempuan memiliki hak yang sama untuk bisa berkreatifitas dan mendapatkan kesempatan yang sama. Harapannya, semua perangkat daerah terus meningkatkan kolaborasi dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. “Kolaborasi antar OPD harus terus ditingkatkan untuk Kendal yang lebih maju,” katanya.(MR/Siva Zou) ,

Admin Metro Rakyat News