Tingkatkan Kapasitas Dan Kemampuan Anggota, PWI OI akan Gelar Pelatihan Jurnalistik Internal

Tingkatkan Kapasitas Dan Kemampuan Anggota, PWI OI akan Gelar Pelatihan Jurnalistik Internal
Bagikan

METRORAKYAT.COM, OGAN ILIR – Terobosan baru dilakukan oleh Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir, untuk meningkatkan kapasitas/ kemampuan anggotanya melalui pelatihan jurnalistik.

Pelatihan tersebut akan memberdayakan sejumlah wartawan senior yang ada di Ogan Ilir sebagai narasumber, serta wartawan Sumsel yang dipandang perlu

Ketua PWI Ogan Ilir Fredi Kurniawan memimpin langsung rapat yang digelar hari ini senin (09/10/2023), direncanakan pelatihan tersebut akan dimulai pada Kamis (12/10/2023), dengan menghadirkan Ketua Forum Jurnalis Migas (FJM) Sumsel, Oktaf Riady (Oka). Diharapkan Oktaf Riady akan memberikan wawasan yang terkait tugas-tugas wartawan Migas, karena Ogan Ilir merupakan daerah penghasil Migas.

Selain itu sejumlah narasumber juga diberdayakan dari wartawan senior di Ogan Ilir, seperti HM Syarifuddin Basrie, S.Ikom, Sarono P Sasmito, S.Pd, Drs H Iklim Cahya, MM, dan Sardinan Delisep, S.Sos.

Sementara pesertanya adalah para anggota PWI Ogan Ilir yang berminat, tapi diharapkan semua anggota PWI Ogan Ilir bisa ikut.

Menurut Fredi, pelatihan jurnalistik ini dilaksanakan PWI Ogan Ilir. Semata-mata kepedulian PWI untuk senantiasa memberikan bekal yang baik, sehingga kerja wartawan di lapangan semakin profesional.

“PWI tentu berkewajiban dan berkepentingan, untuk menjaga nama baik dan marwah profesi wartawan,” kata Fredi.

Fredi melanjutkan, secara teknis pelatihan ini akan dikoordinir oleh Bidang Pendidikan PWI Ogan Ilir yang digawangi oleh Hj Karyani Utari dan Muslandik, S.Sos. Keduanya akan dibantu beberapa anggota.

Selanjutnya pelatihan ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan setiap hari Jumat bakda sholat bertempat di Sekretariat PWI Ogan Ilir, Komplek Perkantoran Pemkab Ogan Ilir lama, Jalan Lintas Timur KM 35 Indralaya.

“Adapun materi pelatihan antara lain mengenai Kode Etik Jurnalistik dan Kode Prilaku Wartawan, UU Nomor Pokok 40 Tahun 1999 tentang Pers, Tehnik Peliputan, Tehnik wawancara, Tehnik fotograpi dan Tehnik Penulisan Berita,” jelasnya. (MR/YP007)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.