Spontanitas Personil Satgas TMMD 116 Kodim 0204/DS Bantu Pekerjaan Warga

Spontanitas Personil Satgas TMMD 116 Kodim 0204/DS Bantu Pekerjaan Warga
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SEI RAMPAH – Warga masyarakat di Desa Pergulaan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, benar-benar terbantu oleh kehadiran Prajurit TNI yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke-116 TA 2023 Kodim 0204/Deliserdang di wilayah sekitar.

Contohnya seperti yang dilakukan Serda Dedi Satria kepada bapak Ahmad, seorang pencarian ikan pada Minggu (14/5/2023).

Saat melihat bapak Ahmad tengah memperbaiki bubung ikan, Serda Dedi Satria dengan spontan datang menghampiri untuk memberikan bantuan tenaga.

“Saya bantu ya Pak. Saya juga ingin belajar bagaimana cara menangkap ikan menggunakan bubung seperti ini,” ucap Serda Dedi.

Diakui Serda Dedi, dirinya sangat tertarik dengan cara bapak Ahmad menangkap ikan yang menggunakan bubung. Karenanya ia ingin belajar keterampilan tersebut, termasuk cara membuat bubung dari anyaman bambu.

Bapak Ahmad pun mengaku gembira dengan ketertarikan Serda Dedi. Menurutnya, jarang ada anak muda apalagi seorang Tentara seperti Serda Dedi yang ingin mengetahui cara menangkap ikan menggunakan bubung.

“Pekerjaan ini (menangkap ikan dengan bubung) adalah sambilan di waktu senggang. Meski demikian, hasilnya cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan dapur,” terang bapak Ahmad.

Di samping itu, menggunakan bubung untuk menjerat ikan bisa menjaga populasi ikan. Karena tidak semua ikan yang terjerat dalam bubung yang dibawa pulang, melainkan dipilih yang besar-besar saja.

“Yang kecil-kecil saya lepaskan, sehingga bisa berkembang untuk menjadi besar, dan kemudian hari bisa saya jerat kembali,” ucap bapak Ahmad dengan bersahaja.(MR/red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.