Rehab RTLH, Satgas TMMD Kodim Deliserdang Lakukan Pekerjaan Tahap Akhir

Rehab RTLH, Satgas TMMD Kodim Deliserdang Lakukan Pekerjaan Tahap Akhir
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SEI RAMPAH – Pekerjaan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) yang dilakukan Satgas TMMD ke-116 Kodim 0204/Deliserdang di rumah milik bapak Marulitua Simatupang (49), mulai memasuki tahap akhir, Sabtu (27/5/2023).

Hal yang sama juga dilakukan personil Satgas TMMD lainnya yang bekerja di RTLH milik ibu Syahniar (41) dan ibu Sabariah (52). Ketiga pemilih RTLH ini merupakan warga Desa Pergulaan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Seperti di RTLH bapak Marulitua Simatupang, misalnya. Pekerjaan tahap akhir yang dilakukan adalah membongkar lantai semen. Pembongkaran dengan menggunakan godam (martil besar).

Serda Sarman, salah seorang dari tiga personil Satgas TMMD yang menangani pekerjaan menjelaskan, pembongkaran lantai ini untuk menggantinya dengan bahan keramik.

“Jadi, lantai rumah di RTLH nantinya adalah keramik, bukan lagi semen seperti sebelumnya,” ucap Serda Sarman.

Dalam pekerjaan ini, bapak Simatupang juga ikut membantu. Ia membantu mengangkat sebagian dari pecahan lantai yang telah dibongkar ke luar rumah dengan menggunakan kereta sorong.

Sisa sebagian pecahan lantai lainnya akan digunakan untuk memadatkan pondasi lantai yang akan dipasangi keramik.

Diakui Serda Sarman, pekerjaan membongkar lantai tidaklah memberatkan. “Justeru yang berat nanti saat memasang keramik. Karena harus benar-benar dipastikan pondasinya padat, sehingga keramik yang dipasang tidak gampang retak bahkan pecah saat mendapat beban di atasnya,” urai Serda Sarman.(MR/red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.