Kapolres Samosir Terima Penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak

Kapolres Samosir Terima Penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Kapolres Kabupaten Samosir bersama Kasat Reskrim dan Unit PPA Sat Reskrim menerima Penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak (PA), Kamis (25/5/2023) bertempat di Aula Kantor Bupati Samosir, Pangururan

Pemberian Piagam Penghargaan, diserahkan langsung oleh Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait atas kepedulian terhadap permasalahan anak di Samosir kepada Polres Samosir, AKBP Yogie Hardiman, S.H., S.I.K., M.H, Kasat Reskrim, Kanit PPA Satreskrim dan jajaran Unit PPA Satreskrim

Penyerahan Penghargaan disaksikan oleh Bupati Samosir, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra, Kajari Samosir, Wakil Bupati Samosir, Sekdakab, Pabung Kodim 0210/TU Wilayah Samosir Kapten Arm G. Sebayang, Danramil 03/Pangururan Kapten Inf Sugino, Aktivis Sosial anak dan perempuan, dan Kadis Sosial PMD Agus Karo-Karo.

Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman, menyampaikan terkait
kasus perlindungan perempuan dan anak pada umumnya terjadi akibat pengaruh Faktor ekonomi dan faktor pendidikan.
Sebagai rincian kasus tersebut di atas yakni; tahun 2021 sebanyak 40 laporan, Tahun 2022 mengalami penurunan menjadi 23 laporan, dan 2023 sampai saat ini sudah ada 13 Laporan.

Sementara itu, Dandim 0210/TU, Letkol INF Hari Sandra (Dandim 0210/TU) mengatakan bahwa, pada
dasarnya setelah terkait KDRT maupun anak hingga saat ini sudah menurun, mudah-mudahan kedepan jangan sampai terjadi lagi
Untuk itu, kami mengajak seluruh Stakeholder agar sama-sama bahu membahu laksanakan pencegahan dan pendataan Kekerasan perempuan maupun anak, ajaknya.

TNI siap mendukung program Perlindungan anak dan perempuan, bagaimana caranya meminimalisir bahkan tidak terjadi lagi.
“Saya harapkan mari kita sama-sama cerdaskan masyarakat kita dengan pengetahuan-pengetahuan yang baik sehingga warga kita berperilaku baik,” harapnya.

Saat bersamaan Kajari Samosir, Andi Adikawira Putera, sangat mendukung terhadap penegakan kekerasan anak dan perempuan baik fisik maupun asusila. Tokoh masyarakat setempat/kepala desa agar mensosialisasikan apabila ada asusila, kekerasan anak dan perempuan agar dilaporkan untuk meminimalisir kaus KDRT.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait usai sambutan memberikan Penghargaan/Apresiasi terhadap Pemkab Samosir, Polres Samosir, Dandim dan Kajari yang secara cepat menindaklanjuti KDRT yang berdampak terhadap anak-anak dan perempuan, sebagai ikatan kerja sama untuk perlindungan anak.

Korban kekerasan seksual sudah mengandung 8 Bulan dan akan dilakukan secara sc, untuk biaya persalinan minta perhatian Dinas kesehatan Samosir. Opini Publik yang menyampaikan pihak Pemkab tidak peduli terhadap kasus KDRT itu salah, sebut Aris Merdeka.

Selain itu dia menghimbau agar tokoh adat agar memberikan sosialisasi kepada warga di desa untuk tidak melakukan kekerasan anak dan perempuan, Kepala desa sebagai ujung tombak di desa berikan perhatian terhadap warganya, persoalan anak bukan persoalan aib sehingga apabila terjadi kekerasan segera laporkan.

Usai memberikan Penghargaan, Tokoh adat juga memberikan Cinderamata berupa Ulos dan Tukot Tunggal Panaluan kepada Ketua Komnas Perlindungan Anak

Untuk Penghargaan Yang diberikan Komnas Perlindungan Anak kepada Kapolres Samosir bertukiskan “Kepedulian dan Tanggung Jawab Dalam Memberikan Perlindungan Terhadap Anak di Samosir. Teruslah Memberi Makna Untuk Anak Indonesia”.

Kepada Kasat Reskrim Polres Samosir bertuliskan “Atas Komitmen Yang Tinggi Dalam Penanganan Kasus Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Samosir. Teruslah Memberi Makna Untuk Anak Indonesia”.

Sedangkan kepada Personil Unit PPA Sat Reskrim Polres Samosir bertuliskan “Atas Respon Cepat Dalam Pengungkapan Kasus Kejahatan Seksual Terhadap Anak di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Samosir. Teruslah Memberi Makna Untuk Anak Indonesia”.

Kegiatan ditutup dengan penyampaian Testimoni dari Ketua Komnas PA, “Terimakasih Yang Setinggi-tingginya Kepada Kapolres Samosir Yang Memberikan Atensi Terhadap Persoalan – persoalan Anak Khususnya di Samosir”. (MR/156)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.