Diduga Galian C Bang Tar di Alue Bu Jalan Aceh Timur Tak Kantongi Izin Bebas Beroperasi

Diduga Galian C Bang Tar di Alue Bu Jalan Aceh Timur Tak Kantongi Izin Bebas Beroperasi
Bagikan

METRORAKYAT.COM, ACEH TIMUR – Tambang galian C di Gampong Alue Bu Jalan, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh diduga tidak kantongi izin dan berjalan aman aman saja.

Aktifitas pertambangan galian C tersebut juga diduga tidak tersentuh hukum, padahal hampir setiap hari ada puluhan kendaraan Dump Truck keluar masuk di lokasi, Hal tersebut di keluhkan warga sekitar dan sangat menggangu aktifitas warga setempat,’ ucap salah satu warga yang enggan disebutkan namanya kepada Awak Media, Minggu (14/5/2023).

Padahal, berdasarkan aturan pada pasal 158 UU Nomor 4 Tahun 2009, tentang pertambangan mineral dan batu bara, setiap pertambangan, baik itu, pasir, batu, tanah liat harus miliki izin.

Dengan tidak tersentuh nya pertambangan galian C di Gampong Alue Bu Jalan, Kecamatan Peureulak Barat Aceh Timur, membuktikan bahwasanya pemilik atau pengelola pertambangan galian C atas nama akrab disapa Bang Tar, memang kebal dengan hukum.

Masyarakat sekitar mengharapkan, Peran Pemerintah dan aparat penegak hukum diminta agar segera menertibkan kegiatan eksploitasi Galian C di Gampong Alue Bu Jalan Kecamatan Peureulak Barat tersebut.

” Pemkab Aceh Timur dan APH sudah seharusnya melakukan tata kelola yang baik terhadap Galian C sehingga bisa menjadi penghasilan Asli Daerah (PAD) dan menertibkan Galian C karena berdampak negatif pada lingkungan.

Sementara, pemilik galian C Bang Tar akrab disapa, hendak ditemui awak media disalah satu warkop pinggir jalan Medan Banda Aceh tidak jauh dari lokasi galian C tersebut. Sebelumnya sudah terlihat oleh awak media tiba-tiba menghilang masuk kedalam warkop diduga menghindar dari awak media.(MR/DANTON)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.