Pelaksanaan KKSU 2023 untuk Kemandirian UMKM Sebagai Pilar di Sumatera Utara

Pelaksanaan KKSU 2023 untuk Kemandirian UMKM Sebagai Pilar di Sumatera Utara
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Pelaksanaan Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) yang berlangsung tanggal 17 hingga 19 Maret 2023 di Atrium Selatan Medan Fair adalah untuk menguatkan serta mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan salah satu Pilar penopang perekonomian Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Kegiatan KKSU Provsu tersebut juga memiliki potensi besar untuk peningkatan ekonomi masyarakat Sumut, Sabtu (18/3/2023) di Medan Sumatera Utara.

Hadir pada pelaksaan pembukaan Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Doddy Zulverdi, Anggota DPR RI Hisar Sitorus, Gus Irawan Pasaribu, Wakil Gubernur Sumatera Utara, para Bupati/ Wakil atau yang mewakili, turut hadir para perbankan diantaranya Bank Sumut, Bank Mestika, Deputi Gubernur Bank Indonesia, para mitra Binaan Bank Indonesia dan undangan lain.

Disampaikan Kepala Kantor Bank Indonesia (KPw BI), Doddy Zulverdi bahwa jumlah UMKM binaan BI ada sebanyak 360 yang tersebar di berbagai daerah wilayah Provinsi Sumut.

Lanjut Doddy Zulverdi, menyampaikan, kegiatan KKSU tersebut sebagai salah satu upaya BI guna mengawal pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Sumut.

Disisi lain adalah sebagai bentuk upaya pemulihan ekonomi serta memberikan kesempatan bagi UMKM Potensial Sumut untuk mempromosikan produknya, meningkatan kapasitas produksi serta penjualan juga untuk mendorong digitalisasi, serta memperluas jalinan relasi dengan pihak lain termasuk pelaksanaan business matching, tambahnya.

Kegiatan pelaksanaan KKSU tersebut sudah merupakan program kerja KPw BI dalam mengawal pertumbuhan serta perkembangan UMKM di wilayah Sumut.

Disamping itu, KKSU ini merupakan bagian dukungan terhadap program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesa (GBBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), serta mendukung program Bank Indonesia 45 Juta Merrhant ORIS yang menampilkan produk-produk unggulan UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia.

“KKSU 2023 tahun ini mengangkat tema ‘Ragam Kreasi Budaya dan Persona Kopi Sumatera Utara’. Tema ini dipilih sebagai upaya untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Sumut terutama pada sektor kopi,” jelasnya

Di tengah perkembangan ekonomi digital, banyak perusahaan marketplace dan startup membantu UMKM memanfaatkan platform e-commerre, teknologi finansial, dan pembayaran digital, termasuk di dalamnya Bank Indonesia dengan mengiaisiasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang telah diimplementasikan di berbagai sektor.

Pelaksanaan tersebut telah membuka peluang bagi UMKM di Sumut untuk dapat berperan besar di pasar domestik maupun menembus pasar global.

“Kami mengajak seluruh masyarakat khususnya di wilayah Sumut agar dapat berpartisipasi serta berkontribusi nyata dengan membeli dan menggunakan produk UMKM dalam negeri. Melalui acara KKSU ini, semoga UMKM Sumut makin kuat, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat menuju Indonesia Maju,” imbuhnya. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.