Universitas Wersar Gandeng UGM Membuat Master Planning Tata Ruang Pembangunan Kampus Universitas Wersar

Universitas Wersar Gandeng UGM Membuat Master Planning Tata Ruang Pembangunan Kampus Universitas Wersar
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SORONG SELATAN – Ijin Operasional dan proses belajar mengajar Universitas Wersar telah berjalan di kabupaten Sorong Selatan, maka universitas Wersar gandeng universitas gajah Mada melakukan master planing/perencanaan tata ruang pembangunan kampus Universitas Wersar.

Lokasi yang disiapkan Universitas Wersar sebesar 10 hektar tanah yang terletak di dua lokasi yang berbeda yakni belakang rumah sakit Schoolo Keyen dan pelabuhan perikanan Wersar.

Rektor Unsar Hengky Gogoba dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan tata ruang atau penataan master planning kawasan perguruan tinggi Universitas Wersar sebenarnya sudah harus dilakukan sebagaimana merupakan syarat berdirinya perguruan tinggi.

Mengapa harus dilakukan itu karena dari sisi manfaat dari berdirinya sebuah perguruan tinggi perlu dilihat dari sisi peruntukan, pemanfaatan, dan sisi penggunaan harus dilakukan namanya planning dibagi habis kawasan tersebut yang telah disiapkan sehingga nanti sesudah dibangun bangunan fakultas itu mengacu Padang master planning itu sendiri.

“Untuk melakukan sebuah planning untuk pembangunan kampus kalau bisa bagus dari sisi manfaatnya walaupun ini dibangun secara bertahap tetapi dalam master planing sudah digambarkan pembangunan atau sarana yang akan dibangun nanti seperti ini baik jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang,”ujar Hengky.

Dengan tujuan dilakukan master planning dalam rangka pembagian rencana lokasi pembangunan kampus guna mengoptimalkan sebagaimana berdirinya atau beroperasinya sebuah perguruan tinggi.

Selain itu juga jika bangunan tersebut dibangun baik dari rektorat sampai ruang belajar itu harus terkoneksi dari bagian-bagian tersebut terutama 5 kaprodi yang ada saat ini di universitas Wersar.

Tim penyusun master planning kawasan tata ruang universitas Wersar dari UGM sendiri akan bekerja selama 2 bulan dengan kesepakatan kerja ada 3 bagian yaitu langkah awal yaitu mendengar masukan dari bapak dan ibu Dosen, kedua tim akan melakukan foto udara dan yang ketiga adalah prestasi hasil perencanaan kepada pihak perguruan tinggi.

Apa yang disampaikan dari masing-masing 5 kaprodi adalah bagaimana ketika kampus ada dan ruang-ruang belajar kampus dari sisi manfaatnya atau keluasan.

Sementara itu Ann Tim teknik dari UGM yang juga merupakan Dosen Tekni UGM menambahkan bahwa tujuan dilakukannya kegiatan hari ini guna mendapatkan pembobotan terkait rencana pembangunan tersebut.

Kegiatan ini tidak dapat merubah master planning yang sudah kami lakukan namun hanya dapat memperbaiki master planning tata ruang yang sudah kami lakukan.

“Kami juga berharap melalui master planning kawasan perguruan tinggi yang dilakukan saat ini bisa dapat membangkitkan semangat dan simpati masyarakat Sorong Selatan terutama generasi milineal untuk mengikuti pendidikan di universitas Wersar bahkan melalui tata ruang tersebut juga akan memberikan kenyamanan dan keamanan belajar bagi mahasiswa.(MR/DEWA)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.