Solusi Atasi Tawuran Ala Kapolres Pelabuhan Belawan Dalam Rakor Forkopimda

Solusi Atasi Tawuran Ala Kapolres Pelabuhan Belawan Dalam Rakor Forkopimda
Bagikan

METRORAKYAT.COM, BELAWAN – AKBP Josua Tampubolon baru beberapa hari dilantik menjadi Kapolres Pelabuhan Belawan sudah terjadi aksi tawuran antar kelompok pemuda. Walau tawuran sudah kerap terjadi sebelum dirinya menjabat Kapolres namun mantan Kapolres Samosir itu bertekad disaat kepemimpinanya aksi tawuran tidak terulang lagi.

Terobosan yang belum pernah dilakukan kapolres sebelumnya, perwira dengan melati dua dipundaknya itu langsung mengundang unsur Forkopimda Medan untuk melakukan rapat koordinasi.

Adapun topik utama dalam pembahasan yang melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat Kec Medan Belawan adalah solusi menghentikan aksi tawuran.

Dalam rapat koordinasi itu disepakati dukungan terhadap pihak kepolisian dalam hal ini Polres Pelabuhan Belawan menindak tegas pelaku tawuran.

“Kita sepakat akan menindak tegas pelaku tawuran,” tegas AKBP Josua Tampubolon usai memimpin Rakor di Aula Mapolres Pelabuhan Belawan, Selasa (7/2/2023).

Dalam rapat tersebut Kapolres Pelabuhan Belawan mengajak seluruh instansi agar bekerja sama dalam memberantas aksi tawuran yang sangat meresahkan warga Belawan.

“Polri tentu tidak dapat bertindak sendiri, bersama kami pasti bisa menyelesaikan masalah tawuran yang terjadi di wilayan Kec. Belawan ini,” kata Kapolres.

Kapolres Belawan menekankan memasang spanduk himbauan di lokasi-lokasi tawuran terkait larangan membawa senjata tajam, merusak fasilitas umum dan melakukan penganiayaan secara bersama sama akan ditindak tegas dan terancam kurungan penjara sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

Mantan Kapolres Samosir itu juga menghimbau agar diberlakukan jam malam bagi anak-anak untuk tidak beraktifitas di luar rumah pada malam hari dan Siskamling agar diaktifkan kembali di setiap lingkungan.

“Siskamling harus diaktifkan kembali, dibuat grup WA nya dan libatkan langsung Personil Polres Belawan dalam Grup WA itu,” ujar Kapolres.

Sementara itu Kasatpol PP Kota Medan menyatakan sangat mendukung program yang akan dilaksanakan oleh Kapolres Pelabuhan Belawan. Para Kepling juga sangat bersemangat dengan program baru yang akan dijalankan.

“Kami Selaku Kepling Bersemangat dengan apa yang telah disampaikan Bapak Kapolres Pelabuhan Belawan untuk bersama-sama kita pasti bisa menciptakan situasi Kamtibmas di Kec. Medan Belawan.” kata salah seorang Kepling yang hadir.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara laian Kasat Pol PP Kota Medan Rakhmat Harahap, Kadis Perkim Medan Endar Sutan Lubis, Ka UPT Utara Amsyaruddin (mewakili), Dinas Pendidikan kota Medan Kabid Pembinaan Erik Sinulingga , Kesbang Pol Medan Ody D. Prasetyo, Kabag Tappen Medan Andi Siregar, Camat Medan Marelan Ansari Hasibuan.

Camat Medan Labuhan Khairun Nasir, Camat Medan Deli Indra Utama, Camat Medan Belawan Subhan F. Harahap, Lurah Belawan II Sarima Pulungan, Lurah Belawan Bahagia Hasian Siregar dan Kepling Belawan II dan Kepling Belawan Bahagia.(MR/Willyam Pasaribu)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.