Di Reses Sesi I Dame Duma, Warga Jl.Titi Papan Minta Pembuatan Parit, Lampu Jalan dan Pembagian Bansos Merata

Di Reses Sesi I Dame Duma, Warga Jl.Titi Papan Minta Pembuatan Parit, Lampu Jalan dan Pembagian Bansos Merata
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Pelaksanaan Reses Masa Sidang 4  Tahun Anggaran 2023 sesi ke 1, Anggota DPRD Medan, Dame Duma Sari Hutagalung di Titi Papan Gg. Pertahanan, Kelurahan Sei Sikambing D, Kecamatan Medan Petisah, kembali dihadiri 200 undangan.

Kegiatan Reses sesi ke I tersebut juga dihadiri H Napitupulu S.Sos (Dishub), Ardiansyah Siregar (SDAMBMK), Indra Kesuma (Dinsos), Budi Ikhwan (Kasipem Sei Sikambing D), ASN Sekretariat DPRD Medan dan undangan lainnya.

Dame Duma dalam kata sambutannya di Reses sesi I Tahun ke 4 ini meminta, agar masyarakat menyampaikan keluhan yang ada dan belum terealisasikan hingga saat ini.

“Contohnya, banyak masyarakat yang masih mengeluhkan penerimaan bantuan sosial dari pemerintah yang belum tepat sasaran. Dan termasuk penggunaan program kesehatan UHC. Diamana masyarakat akan berobat, hanya menggunakan KTP. Mereka masih bingung, akan prosedur nya,” katanya. Jumat (10/2)

Tak berselang lama berjalannya Reses, Politisi Partai Gerindra Kota Medan ini melakukan interaksi sesi tanyak jawab bersama masyarakat.

Penanya pertama, Julian warga Jalan Titi Papan menyampaikan, apa saja kriteria masyarakat penerima bansos dari pemerintah.

“Karena yang saya lihat, penerima bantuan itu kebanyakan masyarakat ekonomi menengah. Sedangkan kami, yang ekonominya pas-pasan dan kadangpun kurang, malah terabaikan,” ucapnya lirih.

Sementara itu, Junaidi warga Jalan Titi Papan Gg Pertahanan meminta agar parit yang berada di Gg Rezeki segera dibuatkan satu lagi, biar paritnya ada dikedua sisi.

“Perlu diketahui, apabila hujan deras turun, air parit yang di Gg Rezeki akan meluap ke tempat tinggal kami. Sebab, posisi tanah kami ini memang rendah. Bentuknya seperti kuali, legok ke bawah. Sehingga air parit yang masuk, susah surutnya. Kami beribadah ke Masjid pun jadi susah,” keluhnya.

Legislator yang duduk ke Komisi IV DPRD Medan inipun kembali menerangkan pada warga, terkait drainase, infrastruktur dan LPJU yang belum dikerjakan oleh OPD terkait, secepatnya akan direalisasikan.

“Untuk pengerjaan normalisasi drainase di Gg Pertahanan, akan dikerjakan dengan segera oleh UPT dinas terkait,” tuturnya.

Dikesempatan ini, Indra Kesuma menjelaskan bahwa kreteria penerima Bansos terdiri dari 14 item. “Di Perwal 33 sudah tercantum, kreteria penerima bantuan sosial dari pemerintah. Namun yang paling menentukan, masyarakat harus masuk kedalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dari laporan pihak Kelurahanlah masyarakat yang masuk dalam DTKS penerima bansos tersebut,” terangnya.

Sementara dari Ardiansyah mewakili dinas PU, menanggapi permintaan Junaidi atas penanganan parit di Gg Rezeki, secepatnya akan di realisasikan. “Nanti akan saya koordinasikan dengan pimpinan, agar Renja hari Senin besok, akan melakukan normalisasi parit di Gg Pertahanan, termasuk pembetonan pinggir paritnya,” janjinya.

Mewakili Dinas Perhubungan, H Napitupulu kembali menekankan bahwa perawatan LPJU kota Medan, berada di bawah pengawasan mereka. “Pasca peralihan wewenang tugas, hingga saat ini Dishub telah menyelesaikan ratusan keluhan dan aduan masyarakat terkait lampu jalan. Namun untuk masalah pertamanan, berada di Dinas Perkim. Dan saat ini, kami juga menerima aduan masyarakat melalui nomor layanan di 081396000934,” tandasnya.

Dikesempatan ini, Dame Duma juga meminta agar personil Dishub Kota Medan, berjaga dipersimpangan Jalan Gaperta (Simpang Bingung). “Pada jam sibuk, pagi-sore saat anak sekolah, pasti terjadi kemacetan disimpang tersebut. Jadi kalau bisa ditambahkan personil disimpang tersebut,” tukasnya.

Menyahuti permintaan Dame Duma, H Napitupulu kembali memastikan kedepannya akan tempatkan personil Dishub di persimpangan yang dimaksud. “Demi kelancaran arus lalulintas, kami terus berupaya semaksimal mungkin didalam pengaturan nya,” ujarnya.

Pantauan wartawan, pelaksanaan Reses masa sidang 4 anggota DPRD Kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung ini berjalan lancar sembari memberikan seminar kit, kue dan nasi kota kepada 200 san undangan.  (MR/red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.