Bupati Samosir Ajak Petani Gunakan Pupuk Organik

Bupati Samosir Ajak Petani Gunakan Pupuk Organik
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Mengawali kegiatan, Bupati Samosir berkantor di Desa Partungko Naginjang-Kecamatan Harian. Hadir Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas M. Sinaga, Asisten II, Kadis Kominfo, Camat Harian P. Hatopo Manik, dan para pimpinan OPD.

Bupati langsung mengecek kehadiran Kepala Desa dan perangkatnya untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik.

“Saya ingin melihat secara langsung potensi di desa ini, yang memiliki potensi wisata juga pertanian yang bagus. Juga mendengar aspirasi/keluhan untuk bisa melakukan intervensi bersama. Jangan ada lagi kesulitan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan” tegas Bupati, Selasa (14/2/2023).

Bupati mengajak Kepala Desa Partungko Naginjang untuk bersama-sama melayani masyarakat.
“Banyak pelayanan yang kami bawa, manfaatkan sebaik mungkin, arahkan masyarakat supaya merasakan pelayanan. Kami datang bukan untuk dilayani tetapi melayani, mari sama-sama melayani masyarakat,” ucapnya.

Disisi lain juga mengajak petani untuk beralih menggunakan pupuk organik sebagai solusi kelangkaan pupuk kimia bersubsidi. Solusi yang diberikan melalui pembekalan berupa pelatihan pembuatan pupuk organik cair maupun padat kepada kelompok tani dan dukungan peralatan mesin pencacah yang telah disediakan Dinas Pertanian.

“Mari belajar dan berlatih untuk membuat pupuk organik cair maupun padat. Pemerintah telah memberikan peralatan dan pelatihan, jadi jangan ada lagi alasan tidak ada pupuk, pemerintah berupaya memberikan solusi dengan pelatihan pembuatan pupuk organik. Mari buka wawasan, jangan hanya bergantung pada pupuk kimia, ajak Bupati.

Bupati Samosir menekankan PLL untuk aktif dan melayani kelompok tani sampai mandiri dalam pembuatan pupuk organik. Sebagai bentuk keseriusan Pemkab Samosir membina kelompok tani dalam pembuatan pupuk organik, langsung menyerahkan mesin pencacah (Cooper) kepada kelompok tani senyum. Guna menunjang fasilitas objek wisata Togaraja, Bupati juga menyerahkan dua unit ATV dan satu unit motor Viar roda tiga kepada BUMDes Partungko Naginjang.

Program tersebut mendapat apresiasi dan sambutan hangat dari masyarakat Desa Partungko Naginjang. Tokoh Masyarakat Desa Partungko Naginjang , Eli Sinaga merasa bersyukur dan bangga dengan kehadiran dan kesediaan Bupati melihat dan mendengar kebutuhan masyarakat secara langsung. Sebagai daerah yang berpotensi dalam pertanian, atas nama seluruh masyarakat, Eli meminta perhatian terhadap pengembangan potensi pertanian, pasar pertanian, embung , listrik dan pendidikan.

Bolusson Pasaribu, mengakui kehadiran Bupati sangat dibanggakan masyarakat. “Masyarakat bangga dengan kehadiran Bupati turun ke desa melihat langsung kebutuhan masyarakat. Jangan dengarkan kata orang lain, kehadiran Bupati disenangi masyarakat,” ungkapnya.

Seraya pelayanan tetap berjalan, Bupati Samosir menyerahkan dokumen yang sudah selesai secara langsung kepada masyarakat.

“Saya senang, bisa bertemu dengan masyarakat, semoga dengan berkantor di desa ini membawa kebaikan dan solusi demi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.